Komdis PSSI Putuskan Persipura Tidak Lolos Final Liga 1 Putri 2019

Kompas.com - 16/12/2019, 16:40 WIB
Liga 1 Putri Logo Liga 1 Putri Logo

KOMPAS.com - Komite Disiplin PSSI memutuskan Persipura Jayapura telah melanggar aturan dan dinyatakan tidak lolos ke final Liga 1 Putri 2019.

Keputusan Komdis PSSI ini berkaitan dengan insiden yang terjadi pada laga semifinal antara Persipura vs PS Tira Persikabo.

Pada leg pertama, Minggu (01/12/2019), Persipura berhasil mengalahkan Tira Persikabo dengan skor 5-4 di Stadion Pakansari.

Kemudian, pada leg kedua di Stadion Cenderawasih, Sabtu (7/12/2019), PS Tira berhasil menang 2-1 pada waktu normal.

Skor tersebut membuat agregat kedua tim imbang 6-6. Jika mengacu pada aturan fase gugur pada umumnya, Persipura berhak lolos karena unggul agresivitas gol tandang.

Baca juga: Liga 1 Putri, Persib Bandung Libas Persija Jakarta dengan Skor Telak

Namun, PSSI melalui surat nomor 5308/AGB/1641/XII-2019 tertanggal 4 Desember 2019, menyebut tidak ada aturan gol tandang untuk laga semifinal dan final yang berlangsung dua leg.

Dalam surat itu juga disebut pemenang laga semifinal dan final harus ditentukan lewat adu penalti tanpa perpanjangan waktu jika agregat sama kuat.

Terkait dengan semifinal kali ini, Persipura saat itu tidak melanjutkan pertandingan ke babak adu penalti.

Persipura melakukan hal tersebut karena tidak mengakui surat PSSI yang berisi aturan soal semifinal dan final Liga 1 Putri 2019.

Atas tindakan itu, Komdis PSSI menyatakan Persipura kalah 0-3 sehingga tidak lolos ke babak final.

Baca juga: 10 Klub Indonesia Bersedia Ikut Liga 1 Putri 2019

Halaman:


Sumber PSSI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X