Kelemahan Dasar Pemain Indonesia yang Terendus Para Pelatih di Inggris

Kompas.com - 15/12/2019, 20:30 WIB
Para pemain yang mengikuti program Garuda Select II di Birmingham, Inggris. Mola TVPara pemain yang mengikuti program Garuda Select II di Birmingham, Inggris.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada sejumlah kelemahan dasar para pemain Indonesia yang baru terendus oleh para pelatih dalam program Garuda Select di Inggris.

Hal itu diceritakan oleh Timo Scheunemann, pelatih asal Jerman, yang kini menjadi penerjemah teknis dalam program tersebut.

Garuda Select sudah berjalan dalam dua tahap. Tahap pertama berlangsung pada Januari-Mei 2019 dan yang kedua pada Oktober 2019-April 2020.

Selama hampir dua bulan berjalannya program Garuda Select tahap II, Timo menyebut para pemain lebih ditekankan mengenai cara bertahan yang benar.

Program Garuda Select di bawah arahan dua mantan pemain timnas Inggris, yakni Dennis Wise selaku direktur teknik dan Des Walker selaku pelatih kepala.

"Secara spesifik, yang ditekankan adalah cara bertahan sebagai sebuah kesatuan. Pemain yang menekan lawan secara individu tanpa bantuan teman-temannya dihukum oleh Des Walker dengan cara membiarkan pemain tersebut bertahan sendirian," tulis Timo, dikutip dari laman programgarudaselect.com.

"Tentu saja pemain tersebut menjadi bulan-bulanan dan tidak mampu merebut bola," kata pria Jerman yang sudah sangat fasih berbahasa Indonesia itu.

Baca juga: Kabar dari Andre Kobra, Teman Bagus Kahfi dkk yang Lama Hilang

Timo menyatakan cara menghukum yang dilakukan Wise dan Walker bertujuan menekankan pemahaman pada para pemain bahwa sepak bola adalah permainan tim.

Jadi, menyerang harus dilakukan bersama-sama, bertahan juga demikian. Karena bertahan harus dilakukan bersama-sama, menurut Timo, komunikasi menjadi sangat penting.

Pelatih Timo Scheunemann saat mendampingi Persiba Balikpapan pada pertandingan Liga 1 kontra Arema FC di Stadion Gajayana, Senin (1/5/2017). Juara.net/Suci Rahayu Pelatih Timo Scheunemann saat mendampingi Persiba Balikpapan pada pertandingan Liga 1 kontra Arema FC di Stadion Gajayana, Senin (1/5/2017).

Pada tahap inilah Timo menyebut ada salah satu kelemahan dasar para pemain Indonesia yang terlihat jelas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X