Equestrian Champions League, Kompetisi Antarklub Berkuda di Indonesia

Kompas.com - 15/12/2019, 01:38 WIB
Pembukaan Equestrian Champions League (ECL) dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali, Ketua KONI Marciano Norman, dan Ketua PP Pordasi Eddy Saddak. Dok. ECLPembukaan Equestrian Champions League (ECL) dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali, Ketua KONI Marciano Norman, dan Ketua PP Pordasi Eddy Saddak.

KOMPAS.com - Indonesia menggelar liga olahraga ketangkasan berkuda ( equestrian) dalam tajuk Equestrian Champions League (ECL).

Acara peresemian ECL diselenggarakan di Jakarta Internationak Equestrian Park Pulomas (JIEPP) pada Sabtu (14/12/2019) yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua KONI Marciano Norman, dan Ketua PP Pordasi Eddy Saddak.

Hadirnya ECL merupakan kombinasi dari olahraga equestrian yang kompetitif, pengetahuan tentang berkuda, dan sarana hiburan untuk keluarga.

Baca juga: Chelsea Vs Bournemouth, The Blues Jadi Korban Kebangkitan Tim Tamu

Pendiri ECL adalah tiga pegiat olahraga berkuda equestrian yakni Triwatty Marciano, Adinda Yuanita, dan Nadia Marciano.

Kompetisi berkuda equestrian tingkat nasional ini diselenggarakan di dua tempat berstandar
internasional.

Kedua tempat yang akan digunakan ECL itu adalah Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) dan Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Center, Tangerang.

"ECL ini liga pertama yang punya tujuan peningkatan olahraga cabang equestrian, karena olahraga ini butuh latihan rajin untuk bisa berprestasi," kata Adinda Yuanita selaku Co-Founder ECL, Sabtu (14/12/2019).

"Apalagi sebelumnya tak ada kompetisi berkesinambungan, dan adanya ECL akan menciptakan iklim kompetitif dan pastinya prestasi," ucap dia.

ECL merupakan liga berkuda equestrian antarklub berkuda yang ada di Indonesia. Peserta perlombaan datang dari beragam usia.

Tujuan lain ECL yakni untuk mengembangkan dan mempertahankan industri olahraga berkuda equestrian dengan membangun jalur karier atlet yang berkelanjutan.

ECL juga membuat sistem database peringkat atlet equestrian nasional yang mengikuti liga ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X