Demi Olimpiade 2032, Menpora Dorong Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Renang

Kompas.com - 14/12/2019, 05:10 WIB
Politisi Golkar Zainudin Amali usai bertemu Presiden Joko Widodo membicarakan posisi menteri KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMPolitisi Golkar Zainudin Amali usai bertemu Presiden Joko Widodo membicarakan posisi menteri

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora), Zainudin Amali, mendukung agar Indonesia bisa menjadi penyelenggara Kejuaraan Dunia Federasi Renang Internasional (FINA).

Dilansir dari Antara, Zainudin menilai bahwa dengan mengadakan berbagai kejuaraan tingkat internasional maka impian Indonesia menjadi tuan rumah Olimipade 2032 bisa terealisasi.

“Harus diniatkan bahwa Indonesia harus bisa jadi tuan rumah kejuraan dunia renang,” ujar Zainudin saat membuka acara nasional Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2019 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: SEA Games 2019, Rasa Syukur Menpora Usai Lampaui Target Medali Emas

“Presiden sudah beri arahan kepada saya dan NOC supaya kita bisa membuat kejuraan-kejuaraan internasional di Indonesia apalagi kita ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” Zainudin menambahkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga (Kabidbinpres) PB PRSI, Wisnu Wardhana, menyatakan bahwa pihaknya bersama National Olympic Committe (NOC) sudah merencanakan agar Indonesia bisa melakukaan bidding menjadi tuan rumah seri kejuaraan dunia renang.

Menurut Wisnu, rencana tersebut bisa dibilang sangat realistis karena Indonesia memiliki fasilitas renang yang lengkap dan diakui oleh FINA.

Baca juga: Jadi Top Skor SEA Games 2019, Osvaldo Diincar Klub-klub Luar Negeri

“Kami mempunyai rencana (Indonesia jadi tuan rumah kejuaraan dunia renang) karena kita mempunyai fasilitas yang diakui FINA," kata Wisnu.

"Jadi kita coba realisasikan jika didukung oleh pemerintah dan sponsor insya Allah kita bisa berhasil dan jadi tuan rumah yang baik,” ujar Wisnu.

Selain itu, Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Wisnu menilai perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, berjalan sukses.

Baca juga: Tiga Pemain Timnas U23 Indonesia Masuk Best XI SEA Games 2019, Siapa Saja?

“Tidak sulit sama sekali, kita mampu, hanya bagaimana kita mampu mendapatkan bidding atau license,” tutur Wisnu.

“Terdekat mungkin jadi tuan rumah Kejuaraan Asia dulu, baru kejuaraan dunia," Wisnu menambahkan.

Dengan kesuksesan tersebut, ditambah fasilitas yang terakreditasi oleh FINA, Wisnu optimistis Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik pada kejuaraan dunia nanti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X