Sesmenpora: Indonesia Patut Berbangga dengan Pencapaian SEA Games 2019

Kompas.com - 13/12/2019, 10:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber Kemenpora

KOMPAS.com - Indonesia menyelesaikan gelaran SEA Games 2019 Filipina dengan finis di peringkat keempat klasemen SEA Games 2019.

Lebih baik dari SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Indonesia mengoleksi 267 medali dengan rincian 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu.

Hasil tersebut membawa Indonesia duduk di peringkat keempat di bawah Filipina yang menjadi juara umum, Vietnam, dan Thailand.

Usai penutupan SEA Games 2019, Menpora Zainudin Amali langsung memberikan penghargaan bonus bagi atlet dan pelatih berprestasi di gelaran olahraga terbesar Asia Tenggara tersebut.

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019) malam.

Baca juga: SEA Games 2019, Rasa Syukur Menpora Usai Lampaui Target Medali Emas

Adapun untuk perorangan, atlet yang berhasil meraih medali emas diganjar bonus sejumlah 500 juta rupiah, medali perak senilai 300 juta rupiah, dan medali perunggu diberikan bonus 150 juta rupiah.

Untuk atlet di nomor ganda, peraih medali emas mendapatkan 400 juta rupiah, medali perak 240 juta rupiah, dan medali perunggu mendapatkan bonus sejumlah 120 juta rupiah.

Untuk atlet berprestasi di nomor beregu, Menpora memberikan 350 juta rupiah bagi peraih medali emas, medali perak diberikan sejumlah 210 juta rupiah, dan medali perunggu diganjar bonus 105 juta rupiah.

Menpora menyebut ada kenaikan dalam jumlah penghargaan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.

"Tadinya Kemenpora hanya mempersiapkan sesuai dengan standar yang sudah diberikan. Namun, atas arahan Bapak Presiden maka penghargaan ini dipastikan naik," kata Menpora, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Menpora Zainudin Amali menambahkan bahwa kenaikan penghargaan tersebut dinilai karena pemerintah berterima kasih kepada para atlet dan pelatih yang sudah berjuang untuk meningkatkan prestasi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) RI, Gatot S Dewa Broto, mengatakan bahwa sudah sepatutnya Indonesia berbangga dengan pencapaian di SEA Games 2019.

Baca juga: Klasemen Akhir SEA Games 2019, Filipina di Puncak dan Indonesia Ke-4

Gatot menyoroti beberapa cabang olahraga (cabor) serta atelt berprestasi yang berhasil menarik perhatian masyarakat umum.

Mulai dari tim polo air putra, atlet renang I Gede Siman, timnas U23 Indonesia, dan atlet junior angkat besi yang berhasil memecahkan rekor dunia junior.

Menurut Gatot, kontingen Merah Putih berhasil dalam ajang SEA Games edisi 2019 ini.

Halaman:
Sumber Kemenpora
Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com