Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesuai Arahan Presiden, Kemenpora Pastikan Bonus bagi Atlet SEA Games 2019 Naik

Kompas.com - 13/12/2019, 09:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber Kemenpora

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi dan pelatih SEA Games 2019. 

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019) malam.

Untuk diketahui, Indonesia finis di peringkat keempat pada SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina.

Kontingen Merah Putih mengoleksi 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

Baca juga: 4 Cabor Non-Olimpiade yang Jadi Tambang Emas Filipina pada SEA Games

Adapun untuk perorangan, atlet yang berhasil meraih medali emas diganjar bonus sejumlah 500 juta rupiah, medali perak senilai 300 juta rupiah, dan medali perunggu diberikan bonus 150 juta rupiah.

Untuk atlet di nomor ganda, peraih medali emas mendapatkan 400 juta rupiah, medali perak 240 juta rupiah, dan medali perunggu mendapatkan bonus sejumlah 120 juta rupiah.

Sementara itu, untuk atlet berprestasi di nomor beregu, Menpora memberikan 350 juta rupiah bagi peraih medali emas, medali perak diberikan sejumlah 210 juta rupiah, dan medali perunggu diganjar bonus 105 juta rupiah.

Dalam kesempatan yang sama, Menpora turut menyampaikan rasa terima kasih kepada para atlet yang sudah berjuang mengharumkan nama bangsa di SEA Games 2019.

Baca juga: Fakta SEA Games 2019, 60 Persen Kontingen Indonesia Atlet Junior

"Atas nama pemerintah, kami mengapresiasi serta berterima kasih kepada para atlet, pelatih, dan manajer yang sudah berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional," ucap Menpora, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus NOC Indonesia dan KONI yang sudah memberikan dukungan sehingga kontingen Indonesia bisa meraih prestasi yang melebihi dari raihan SEA Games 2017," katanya.

Pada SEA Games edisi 2017, Indonesia finis di peringkat lima dengan raihan 38 medali emas.

Menpora menambahkan bahwa ada kenaikan angka dalam jumlah penghargaan bagi para atlet berprestasi sesuai dengan perintah Presiden RI Jokowi.

Menurut Zainudin Amali, Presiden Jokowi memerintahkan langsung kepada Menteri Sekretaris Negera untuk memberikan penghargaan setara dengan perjuangan atlet dalam mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2019.

Baca juga: 16 Tahun SEA Games, Indonesia Sulit Ungguli Thailand dan Vietnam

Menpora berharap bahwa penghargaan ini bisa menjadi motivasi dan memberikan semangat yang lebih besar untuk terus berprestasi di masa depan bagi para atlet beserta pelatih.

"Tadinya Kemenpora hanya mempersiapkan sesuai dengan standar yang sebagaimana sudah diberikan. Namun, karena atlet dan pelatih sudah bekerja keras untuk meningkatkan prestasi, Bapak Presiden memberikan arahan untuk memberikan penghargaan yang lebih baik," kata Menpora.

"Bapak Presiden langsung menyampaikan melalui Menteri Sektretaris Negara bahwa penghargaan ini dinaikan dari SEA Games sebelumnya. Semoga ini bisa memacu semangat dan membuat kita lebih berprestasi lagi pada masa yang akan datang," kata Menpora.

Selanjutnya, ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara ini akan kembali hadir di Vietnam pada 2021 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kemenpora
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com