SEA Games 2019, Perenang Siman Sudartawa Jalani Program Kebugaran Khusus

Kompas.com - 10/12/2019, 05:00 WIB
Perenang nasional, I Gede Siman Sudartawa, sukses meraih medali emas SEA Games 2019 nomor 50 meter gaya punggung putra. Dok. AjinomotoPerenang nasional, I Gede Siman Sudartawa, sukses meraih medali emas SEA Games 2019 nomor 50 meter gaya punggung putra.

KOMPAS.com - Perenang nasional, I Gede Siman Sudartawa, sukses meraih medali emas SEA Games 2019 nomor 50 meter gaya punggung putra.

Berlomba di New Clark City Aquatic Arena, Siman Sudartawa membukukan waktu 25,12 detik untuk mengungguli Zheng Wen Quah (Singapura, 25,65 detik) dan Paul Le Nguyen (Vietnam, 25,73 detik).

Dengan hasil itu, Siman juga memperbaiki rekor SEA Games yang ia ciptakan pada 2017 yaitu 25,20 detik.

Baca juga: Rusia Tidak Akan Tampil pada Olimpiade 2020 dan Piala Dunia 2022

"Ini berkat dukungan tim pelatih, manajer, masseur, sehingga bisa pecahkan rekor," ujar Siman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (9/12/2019).

"Targetnya memang di 50 meter karena singkatnya persiapan. Jadi, targetnya di sprinter ini dan bisa meraih emas," kata Siman melanjutkan.

Salah satu penunjang kesuksesan Siman pada ajang SEA Games 2019 yakni menerapkan program pelatihan untuk menjaga kebugaran dan nutrisi.

Program ini bernama Winning Meals Kachimeshi yang diinisiasi oleh Ajinomoto Indonesia selaku sponsor resmi SEA Games 2019.

Dalam menjalani program ini, Siman diawasi oleh pelatih dan ahli gizi agar dia bisa lebih siap dalam menghadapi perlombaan.

Program kebugaran nutrisi bernama Kachimeshi menjadi salah satu kunci sukses I Gede Siman Sudartawa pada SEA Games 2019.Dok. Ajinomoto Program kebugaran nutrisi bernama Kachimeshi menjadi salah satu kunci sukses I Gede Siman Sudartawa pada SEA Games 2019.

Kachimeshi bertujuan untuk mempersiapkan atlet menghadapi perlombaan secara terpadu, mulai dari pelatihan fisik hingga bimbingan nutrisi.

Program ini diawali di Jepang yang menjadi inisiator. Ajinomoto sendiri merupakan perusahaan Jepang pertama yang berkomitmen dan berkontribusi menjadi sponsor resmi berbagai ajang olahraga internasional seperti SEA Games.

Di Indonesia, program Winning Meals Kachimeshi bertujuan mewujudkan kinerja atlet nasional yang lebih baik agar menjadi juara di kancah internasional.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya