Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SEA Games 2019, Perenang Siman Sudartawa Jalani Program Kebugaran Khusus

Kompas.com - 10/12/2019, 05:00 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

KOMPAS.com - Perenang nasional, I Gede Siman Sudartawa, sukses meraih medali emas SEA Games 2019 nomor 50 meter gaya punggung putra.

Berlomba di New Clark City Aquatic Arena, Siman Sudartawa membukukan waktu 25,12 detik untuk mengungguli Zheng Wen Quah (Singapura, 25,65 detik) dan Paul Le Nguyen (Vietnam, 25,73 detik).

Dengan hasil itu, Siman juga memperbaiki rekor SEA Games yang ia ciptakan pada 2017 yaitu 25,20 detik.

Baca juga: Rusia Tidak Akan Tampil pada Olimpiade 2020 dan Piala Dunia 2022

"Ini berkat dukungan tim pelatih, manajer, masseur, sehingga bisa pecahkan rekor," ujar Siman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (9/12/2019).

"Targetnya memang di 50 meter karena singkatnya persiapan. Jadi, targetnya di sprinter ini dan bisa meraih emas," kata Siman melanjutkan.

Salah satu penunjang kesuksesan Siman pada ajang SEA Games 2019 yakni menerapkan program pelatihan untuk menjaga kebugaran dan nutrisi.

Program ini bernama Winning Meals Kachimeshi yang diinisiasi oleh Ajinomoto Indonesia selaku sponsor resmi SEA Games 2019.

Dalam menjalani program ini, Siman diawasi oleh pelatih dan ahli gizi agar dia bisa lebih siap dalam menghadapi perlombaan.

Program kebugaran nutrisi bernama Kachimeshi menjadi salah satu kunci sukses I Gede Siman Sudartawa pada SEA Games 2019.Dok. Ajinomoto Program kebugaran nutrisi bernama Kachimeshi menjadi salah satu kunci sukses I Gede Siman Sudartawa pada SEA Games 2019.

Kachimeshi bertujuan untuk mempersiapkan atlet menghadapi perlombaan secara terpadu, mulai dari pelatihan fisik hingga bimbingan nutrisi.

Program ini diawali di Jepang yang menjadi inisiator. Ajinomoto sendiri merupakan perusahaan Jepang pertama yang berkomitmen dan berkontribusi menjadi sponsor resmi berbagai ajang olahraga internasional seperti SEA Games.

Di Indonesia, program Winning Meals Kachimeshi bertujuan mewujudkan kinerja atlet nasional yang lebih baik agar menjadi juara di kancah internasional.

Untuk dukungan pun disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing atlet dan disesuaikan dengan porsi latihan yang dijalani, mulai dari kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, hingga lainnya.

Program ini dijalankan secara konsisten untuk membentuk performa atlet agar selalu dalam level tertinggi.

Baca juga: Hasil Sidang Komdis PSSI, Persija dan PSS Didenda Paling Banyak

“Dengan program ini, kami berharap I Gede Siman Sudartawa dalam kondisi prima untuk menjalani berbagai kompetisi renang baik tingkat nasional maupun internasional," ujar Ichiro Sakakura selaku Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia.

"Tentunya kami ingin agar sang atlet bisa mencapai kemenangan yang membanggakan," ucap Sakakura melanjutkan.

Harapannya, program Kachimeshi ini juga bisa diterapkan oleh masyarakat luas di Indonesia  sehingga lahir generasi dengan gizi yang terpenuhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com