Timnas U23 Indonesia Vs Vietnam, Indra Sjafri Sindir Pelatih Asing

Kompas.com - 09/12/2019, 16:41 WIB
Angga Setiawan,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.comIndra Sjafri memberikan pernyataan mengejutkan lantaran menyindir pelatih asing yang menukangi tim sepak bola dalam ajang SEA Games 2019.

Cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019 telah mencapai babak final yang bakal menyajikan laga timnas U23 Indonesia vs Vietnam.

Pertandingan final SEA Games 2019 timnas U23 Indonesia vs Vietnam akan diselenggarakan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019) pukul 19.00 WIB.

Timnas U23 Indonesia lolos ke final SEA Games 2019 setelah mengandaskan perlawanan Myanmar dengan skor 4-2 pada 7 Desember lalu.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Vietnam, Kunci Sukses Garuda Muda di SEA Games 2019

Sementara itu Vietnam melaju ke final dengan kemenangan meyakinkan 4-0 atas Kamboja.

Jelang pertandingan, pelatih Timnas U23 Indonesia Indra Sjafri menyindir beberapa tim yang menggunakan jasa pelatih asing dalam ajang SEA Games 2019 kali ini.

Menurutnya, hal tersebut menjadi kesalahan federasi dalam membangun pemain bola dari generasi muda.

Seperti yang diketahui, dari 4 negara yang lolos semifinal, indonesia memiliki keunggulan di mana Indra Sjafri menjadi satu-satunya pelatih lokal yang lolos ke babak semifinal SEA Games 2019.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Vietnam, Prediksi Indra Sjafri Jadi Kenyataan

Adapun Vietnam yang bakal dihadapi oleh Garuda Muda dilatih oleh pelatih asal Korea Selatan, Park Hang Seo.

“Mengenai pelatih-pelatih asing yang melatih di SEA Games, saya akan membawa isu tersebut ke AFC,” ujar Indra Sjafri dalam konferensi pers.

“Jadi kualitas pelatih di SEA Games akan berkembang ke depannya,” tutur pria yang pernah menjadi pelatih Timnas U19 tersebut.

Meski demikian, dirinya tetap mendambakan untuk kembali bertanding melawan Vietnam.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Vietnam, Garuda Muda dalam Kondisi 100 Persen

Pasalnya Indonesia lebih awal bertemu dengan Vietnam dalam pertandingan penyisihan Grup B SEA Games 2019 pada 1 Desember lalu.

Pada pertandingan tersebut, Timnas U23 Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 1-2.

“Besok adalah pertandingan yang kami tunggu, dan sebelum kami lolos di fase grup, saya sudah bikin statement setelah kalah dari Vietnam, 'saya tunggu Vietnam di final',” ujar Sjafri.

“Akhirnya ketemu lagi di final dan pertandingan ini adalah pertandingan yang menarik, saya harap Indonesia menjadi pemenangnya,” imbuhnya.

Jelang bentrokan ini, misi balas dendam bakal diusung Osvaldo Haay dkk guna memuluskan langkah mereka meraih medali emas SEA Games sejak 28 tahun silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com