Dea Salsabila Putri Raih 3 Emas SEA Games 2019 dari Pentathlon

Kompas.com - 07/12/2019, 12:30 WIB
Dea Salsabila Putri (kiri) dan Muhammad Taufik (kanan) usai meraih medali emas di cabor modern pentathlon di SEA Games 2019 di Subic Bay Boardwalk, Kamis (5/12/2019). DOK: Pentathlon IndonesiaDea Salsabila Putri (kiri) dan Muhammad Taufik (kanan) usai meraih medali emas di cabor modern pentathlon di SEA Games 2019 di Subic Bay Boardwalk, Kamis (5/12/2019).

KOMPAS.com - Atlet putri cabang olahraga (cabor) modern pentathlon Indonesia, Dea Salsabila Putri, kembali mempersembahkan medali emas SEA Games 2019 untuk Indonesia.

Kali ini, dia mempersembahkan medali emas dari nomor beach mixed relay triatle yang digelar di Subic Bay Boardwalk, Sabtu (7/12/2019).

Hasil ini sekaligus menjadi emas ketiga yang didapat Dea di ajang SEA Games 2019.

Dea yang berpasangan dengan Frada Harahap mengungguli wakil Thailand, Nattaphon Kesornphrom/Sanruthai Aransiri, berkat catatan waktu 17 menit 54,93 detik.

Adapun Kesornphrom/Sanruthai menorehkan catatan waktu 17 menit 58,83 detik.

Baca juga: Cabor Modern Pentathlon Sumbang Medali Emas ke-41 Indonesia pada SEA Games 2019

Sementara itu, medali perunggu diraih oleh wakil tuan rumah Filipina, Michael Ver Anton Comaling/Princess Honey Arbilon, yang finis dengan total waktu 18 menit 09,67 detik.

Dea Salsabila menjadi pahlawan di cabor modern pentathlon Indonesia dengan menyumbangkan tiga medali emas.

Dua medali emas sebelumnya diraih Dea di nomor beach laser individual dan beach traithle individual.

Serangkaian hasil positif tersebut memperbaiki hasil Asian Games 2018, yakni ketika Dea hanya berhasil masuk 10 besar.

Baca juga: Tenis, Pentathlon, dan Menembak Tambah Koleksi Emas Indonesia di SEA Games 2019

Pencapaian Dea tersebut semakin istimewa lantaran cabor modern pentathlon kurang diperhitungkan di ajang SEA Games 2019.

Menanggapi keberhasilannya, Dea bersyukur bisa menyumbang medali emas dan mengharumkan nama Indonesia dari cabor modern pentathlon.

"Syukur alhamdulillah senangnya luar biasa, di mana awalnya kalah dari atlet Thailand. Akan tetapi, kami bisa buktikan dengan medali emas ini," ucap Dea dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Dea menambahkan, selain untuk Indonesia, tiga medali emas juga dia persembahkan khusus untuk kedua orangtua yang selalu mendukungnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya