Penyerang Timnas U23 Indonesia Puncaki Daftar Top Skor SEA Games 2019

Kompas.com - 05/12/2019, 19:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Penyerang andalan timnas U23 Indonesia, Osvaldo Haay, menempati posisi teratas daftar top skor sementara SEA Games 2019.

Penampilan impresif Osvaldo sepanjang babak penyisihan grup berbuah torehan tujuh gol yang mampu ia ciptakan. 

Sumbangan tujuh gol tersebut menjadikan dirinya top skor sementara, sekaligus berhasil membawa timnas U23 Indonesia melaju ke babak semifinal.

Timnas U23 Indonesia berhak lolos ke babak empat besar SEA Games 2019 setelah menumbangkan Laos.

Laga antara timnas U23 Indonesia vs Laos yang digelar di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12/2019) berakhir dengan skor 4-0.

Empat gol timnas U23 Indonesia diciptakan oleh Saddil Ramdani (4'), Osvaldo Haay (47', 90+5'), dan Bagas Adi (73') melalui titik penalti.

Baca juga: Timnas U23 Lolos, Ini Rekor Indonesia pada Semifinal SEA Games

Dua gol yang dibukukan Osvaldo pada laga tersebut sekaligus membuat dirinya mengumpulkan total tujuh gol dari lima laga.

Lima gol lainnya yang Osvaldo ciptakan saat menghadapi Brunei Darussalam, Singapura, dan Thailand.

Pada pertandingan pertama ketika menang 2-0 atas Thailand, Osvaldo menemani Egy Maulana Vikri mencatatkan nama di papan skor setelah berhasil melesatkan gol pada menit ke-87.

Kemudian pemain asal Jayapura ini membuka keran keunggulan Garuda Muda kala bertemu dengan Singapura pada pertandingan kedua.

Sayang, Osvaldo tak mampu berbuat banyak ketika timnas U-22 Indonesia dikalahkan Vietnam 1-2 pada laga ketiga.

Tetapi, Osvaldo membalas kekalahan dari Vietnam kala berhadapan dengan Brunei.

Baca juga: Daftar Top Skor Sepak Bola SEA Games 2019, Osvaldo Haay di Puncak

Pemain 22 tahun ini menjadi penyumbang tiga dari delapan gol yang bersarang ke gawang Brunei malam itu.

Namun, Osvaldo harus berhati-hati jika tak ingin gelar pencetak gol terbanyak SEA Games 2019 jatuh ke tangan pemain lain.

Pasalnya, di posisi kedua terdapat sepasang pemain Vietnam, Ha Duc Chinh dan Nguyen Tien Linh, yang sama-sama mengoleksi lima gol.

Sementara itu di posisi ketiga, ada rekan setim Osvaldo, Egy Maulana Vikri, pemain Myanmar Aung Kaung Mann, dan pilar Kamboja Keo Sokpheng dengan koleksi tiga gol.

Osvaldo masih berpeluang menambah pundi-pundi golnya saat melakoni laga semifinal melawan Myanmar pada Sabtu (7/12/2019). (Nezatullah Wachid Dewantara).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com