Cara Kemenpora Memberdayakan Pemuda Indonesia

Kompas.com - 01/12/2019, 00:47 WIB
Rapat Koordinasi (Rakor) sejumlah kementerian terkait pengembangan pemuda di Jakarta, Jumat (29/11/2019). Dok. KemenporaRapat Koordinasi (Rakor) sejumlah kementerian terkait pengembangan pemuda di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

KOMPAS.com - Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ( Kemenpora) turut mengupayakan pengembangan generasi muda agar bisa berdaya pada masa mendatang.

Salah satu upaya Kemenpora yakni menumbuhkan gerakan kewirausahaan para pemuda yang dimulai dari daerah.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Kemenpora menjalin kolaborasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Baca juga: Tottenham Vs Bournemouth, Brace Dele Alli Bawa Spurs Raih Poin Penuh

Rapat Koordinasi (Rakor) juga telah dilakukan pada beberapa waktu lalu, melibatkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Kementerian Koperasi dan UKM, Bappenas, BPPT, serta sejumlah pimpinan daerah.

Rakor telah diselenggarakan di salah satu hotel di Jakarta pada Jumat (29/11/2019) lalu.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan, menyatakan bahwa pemerintah akan mendorong sekuat tenaga dengan membuat agenda-agenda pengembangan kewirausahaan pemuda.

"Agendanya adalah bagaimana menjajaki menumbuhkan gerakan kewirausahaan yang bisa dimulai dari daerah," kata Imam Gunawan.

"Pada pelaksanaannya nanti, pendekatan dari kewirausahaan akan dikaitkan dengan agenda Sistem Inovasi Daerah atau SIDA yang sudah ada semenjak tahun 2012 lalu."

Hingga saat ini, sudah ada 7 daerah yang akan diberikan bantuan pelatihan kewirausahaan, meliputi Kabupaten Tegal, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Wajo, Kota Semarang, Kabupaten Pandeglang, Lombok Tengah, serta Tanjung Selor Kalimantan Timur.

Dengan diberikannya materi pelatihan dan bantuan permodalan, Imam Gunawan berharap mudah-mudahan ke depannya akan bertambah pilot project yang dapat dijadikan contoh bagi daerah lain.

"Dari Kemenpora akan memberikan bantuan materi berupa penumbuhan minat berwirausaha, kemudian juga ada pemberian akses permodalan serta apresiasi bagi wirausaha yang berprestasi di tingkat daerah," kata Imam Gunawan.

Kemenpora sendiri telah menyambangi berbagai daerah untuk menggencarkan kegiatan penumbuhan minat kewirausahaan.

Baca juga: Berita Foto - Atlet Indonesia Pakai Baju Adat di Opening Ceremony SEA Games 2019

Dari Kemenpora, total 7 desa akan diberi bantuan materi dan permodalan. Hal ini merupakan target dan kesepakatan dari beberapa kementerian.

Besaran permodalan yang disediakan mulai Rp 15 juta hingga Rp 25 juta, tergantung dari kesiapan bisnis para pemuda.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X