Kualifikasi ARRC 2019 SS 600cc, Andi Gilang Start dari Urutan Ke-6

Kompas.com - 30/11/2019, 11:24 WIB
Pebalap muda Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Gilang.  Dok. AHMPebalap muda Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Gilang.

BURIRAM, KOMPAS.com - Dua pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Farid Izdihar dan Rheza Danica Ahrens, gagal menembus posisi tiga besar dalam kualifikasi kelas Super Sports (SS) 600cc ajang Asia Road Racing Championship ( ARRC) 2019.

Dalam sesi tersebut yang berlangsung di Sirkuit Chang Internasional, Buriram, Thailand, Sabtu (30/11/2019), Andi Farid Izdihar atau yang biasa dikenal dengan sebutan Andi Gilang, hanya mampu berada di urutan keenam.

Pebalap yang musim depan tampil pada ajang Moto2 tersebut menorehkan waktu terbaik 1 menit 40,168 detik. Dia terpaut 1,488 detik dari pebalap Malaysia, Kasma Daniel Kasmayudin (Hong Leong Yamaha Malaysia), yang meraih pole position.

Baca juga: Kualifikasi ARRC 2019 AP250, 2 Kandidat Juara Start dari Barisan Kedua

Sementara itu rekan setim Andi Gilang yang musim lalu meraih gelar ARRC kelas Asia Production (AP) 250cc, Rheza Danica Ahrens, akan start dari urutan ke-12 dari total 15 pebalap yang tampil pada kelas ini.

Rheza, yang melakukan debut untuk kelas SS 600cc, membuat catatan waktu lap terbaik 1 menit 41,591 detik terpaut 2,911 detik dari sang peraih pole position.

Untuk kelas SS 600cc ini, Indonesia tak memiliki peluang menjadi juara ARRC 2019.

Andi Gilang, yang saat ini menempati peringkat kelima klasemen sementara dengan koleksi 94 poin, tertinggal 170 angka dari pebalap Thailand, Peerapong Booniert (Yamaha Thailand Racing Team), yang akan start dari urutan kedua pada seri terakhir ARRC 2019 ini.

Rheza di posisi yang jauh lebih rendah. Dia menempati peringkat ke-10 dengan koleksi 71 poin setelah melakoni enam seri sepanjang musim ini.

Soal performa dua pebalapnya ini, Rizky Christianto selaku manajer Motor Sport AHM, memiliki pandangan tersendiri. Pihaknya tak memberikan beban berlebihan kepada Andi Gilang dan Rheza sepanjang ARRC 2019.

Baca juga: Kecelakaan dan Sempat Ditandu, Awhin Dipastikan Tetap Ikut Balapan ARRC 2019

"Ada dua target berbeda untuk dua pebalap ini. Kalau Andi Gilang boleh dibilang sudah lulus dari AHRT karena tahun depan dia sudah tampil di Moto2. Jadi kami tidak terlalu banyak push ke dia," ujar Rizky dalam wawancara di paddock AHRT, Jumat (29/11).

"Kalau Rheza, dia jadi pusat konsentrasi kami karena tahun depan dia harus bisa tunjukkan performa bagus. Dia akan jadi andalan. Okelah, tahun pertama (2019) dia masih perlu adaptasi tetapi tahun depan dia sudah harus bisa perform."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X