Kualifikasi ARRC 2019 AP250, 2 Kandidat Juara Start dari Barisan Kedua

Kompas.com - 30/11/2019, 10:43 WIB
Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah, berpeluang meraih gelar juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250. AHRTPebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah, berpeluang meraih gelar juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250.

BURIRAM, KOMPAS.com - Kandidat juara kelas Asia Production (AP) 250cc, Irfan Ardiansyah, gagal meraih pole position pada sesi kualifikasi seri ketujuh Asia Road Racing Championship ( ARRC) 2019 di Sirkuit Chang Internasional, Buriram, Thailand, Sabtu (30/11/2019).

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) tersebut, yang saat ini menempati puncak klasemen sementara ARRC 2019 kelas AP250, hanya berada di urutan keenam. Dia membuat catatan waktu terbaik 1 menit 53,729 detik.

Irfan terpaut 1,177 detik dari pebalap Thailand yang berhak start dari urutan terdepan alias pemegang pole position, Muklada Sarapuech, dari tim AP Honda Racing Thailand.

Baca juga: Kecelakaan dan Sempat Ditandu, Awhin Dipastikan Tetap Ikut Balapan ARRC 2019

Meskipun demikian, balapan seri terakhir ARRC 2019 ini dipastikan berlangsung ketat dan seru. Pasalnya, Irfan berada satu baris dengan rivalnya dalam perburuan gelar juara ARRC 2019 kelas AP250, Andy Muhammad Fadly.

Fadly, pebalap Indonesia yang membela tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing, akan start dari posisi keempat. Dia terpaut 0,802 detik dari peraih pole position saat sesi kualifikasi tersebut.

Saat ini, Irfan dan Fadly sama-sama mengumpulkan total 176 poin setelah menjalani 12 balapan dalam enam seri yang sudah dilakoni. Meskipun demikian, Irfan berhak menduduki puncak klasemen karena unggul dalam jumlah podium (Irfan tujuh kali naik podium, Fadly enam kali).

Namun, posisi dua pebalap ini tidak aman karena mendapat ancaman dari Awhin Sanjaya, yang merupakan rekan setim Irfan. Awhin berada di peringkat ketiga klasemen sementara dan hanya terpaut 14 poin.

Akan tetapi, Awhin harus berjuang keras dalam balapan nanti. Sebab, dia akan start dari urutan ke-11 setelah gagal memperbaiki catatan waktu akibat kecelakaan saat menit terakhir kualifikasi pada Sabtu pagi.

Kualifikasi AP250 mulai pukul 08.50 WIB dan berlangsung selama 30 menit. Saat sesi ini tersisa satu menit, Awhin, yang saat ini berada di urutan ketujuh, berusaha menggeber motornya untuk memperbaiki catatan waktu.

Baca juga: Hasil Latihan Bebas ARRC 2019 di Buriram, Sinyal Waspada bagi AHRT

Sayang, Awhin tampaknya melakukan hard breaking ketika memasuki tikungan ke-12 atau tikungan terakhir sirkuit dengan panjang 4554 meter tersebut. Akibatnya, Awhin terpelanting dari motor dan sempat mendapat hantaman dari tunggangannya tersebut sehingga dia harus ditandu.

Beruntung, Awhin tak mengalami cedera serius. Menurut informasi tim AHRT, pebalap dengan nomor motor 198 tersebut dipastikan bisa ikut Race 1 AP250 yang berlangsung hari ini pukul 14.00 WIB.

- Hasil Kualifikasi ARRC 2019 AP250

1. Muklada Sarapuech (Thailand/AP Honda Racing Thailand)
2. Rafid Topan Sucipto (Indonesia/Bike Corner SYS KYT Racing Team)
3. Piyawat Patoonyos (Thailand/AP Honda Racing Thailand)
4. Andy Muhammad Fadly (Indonesia/Manuel Tech KYT Kawasaki Racing)
5. Tatchakorn Buasri (Thailand/AP Honda Racing Thailand)
6. Irfan Ardiansyah (Indonesia/Astra Honda Racing Team)
7. Lucky Hendriansya (Indonesia/Astra Honda Racing Team)
8. Aiki Iyoshi (Jepang/Manuel Tech KYT Kawasaki Racing)
9. Reynaldo Chrisantho Ratukore (Indonesia/Onexox TKKR SAG Team)
10. Muhammad Faerozi Toreqottullah (Indonesia/Yamaha Racing Team)
11. Awhin Sanjaya (Indonesia/Astra Honda Racing Team)
12. Vorapong Malahuan (Thailand/Yamaha Hispeed Racing Team)
13. Cao Viet Nam (Vietnam/Honda Racing Vietnam)
14. Shahrol Syazras Shahrol Yuzy (Malaysia/Yuzy Honda Racing)
15. Md Muzakkir Mohamed (Malaysia/Onexox TKKR SAG Team)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X