Petinggi IFAB ke Indonesia untuk Bahas Penerapan VAR

Kompas.com - 28/11/2019, 19:20 WIB
Pertemuan antara Technical Director IFAB, David Elleray untuk bahas penerapan VAR di Indonesia. Pertemuan digelar di Jakarta, pada Kamis (28/11). Dalam pertemuan ini, PSSI diwakili Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria yang didampingi Kepala Departemen Perwasitan, Efraim Ferdinand. Kompas.com/Alsadad RudiPertemuan antara Technical Director IFAB, David Elleray untuk bahas penerapan VAR di Indonesia. Pertemuan digelar di Jakarta, pada Kamis (28/11). Dalam pertemuan ini, PSSI diwakili Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria yang didampingi Kepala Departemen Perwasitan, Efraim Ferdinand.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu petinggi International Football Association Board (IFAB) sedang berada di Indonesia. Dia adalah Technical Director IFAB, David Elleray.

Elleray datang ke Indonesia untuk membahas rencana penerapan Asisten Wasit Video atau VAR di persepakbolaan Indonesia.

Dalam pertemuan ini, PSSI diwakili Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang didampingi Kepala Departemen Perwasitan, Efraim Ferdinand.

“Sesuai arahan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang saat ini sedang berada di Manila mendampingi tim Garuda di SEA Games 2019, implementasi VAR harus terus dimatangkan," kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, dikutip dari laman PSSI.

"Hari ini, kami mengadakan pertemuan dengan IFAB untuk membahas prosedur dan kebijakan penerapan VAR,” ucap Tisha.

IFAB merupakan badan yang memiliki otorisasi penerapan VAR dalam Law of The Game.

Baca juga: Klopp Kritik Penggunaan VAR di Forum Pelatih UEFA

“Jadi dalam implementasi VAR persetujuan akan dari IFAB. Selanjutnya, FIFA hanya akan menyetujui begitu IFAB memberikan lampu hijau,” jelas Tisha.

Tisha menyatakan setelah meeting ini akan ada kick off meeting dengan FIFA, IFAB, dan PSSI mengenai teknis dan pathway implementasi VAR di 2021.

Persiapan akan dimulai dari training SDM, penerapan teknologi, survei stadion, sampai time plan menuju 2021.

Menurut Tisha, dalam tahapan implementasi VAR, PSSI akan melewati enam tahapan besar, yakni perencanaan, persiapan, offline, line (non competition), persetujuan, dan live competition.

Sebelumnya, pada bulan Juli lalu, PSSI juga telah berkunjung ke Thailand dan dibantu Federasi Sepak bola Thailand (FAT) untuk mengobservasi semua hal terkait implementasi VAR di Thai League 1.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X