Dikritik soal Makanan Halal, Koki Kepala SEA Games 2019 Bertindak Cepat

Kompas.com - 28/11/2019, 05:40 WIB
Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 di acara pengukuhan oleh Menpora Zainudin Amali di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019). KOMPAS.com/FARAHDILLA PUSPA Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 di acara pengukuhan oleh Menpora Zainudin Amali di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

KOMPAS.com — Seusai mendapat kritikan soal makanan tidak halal, koki kepala untuk SEA Games 2019 Filipina langsung bergerak cepat menangani masalah tersebut.

Makanan menjadi permasalahan terbaru yang dialami bagi para atlet di ajang SEA Games.

Pasalnya, beberapa negara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, hingga Brunei, juga membawa atlet Muslim untuk membela negara masing-masing.

Sebenarnya, persoalan makanan non-halal bisa saja teratasi jika pihak panitia menyediakan label serta menyeleksi beberapa makanan yang dapat disantap untuk atlet Muslim.

Baca juga: SEA Games 2019 Banyak Keluhan, Presiden Duterte Adakan Penyelidikan

Namun, penyelenggara SEA Games 2019 lalai dalam penanganan asupan para atlet.

Seperti diberitakan sebelumnya, media officer timnas U-22 Indonesia, Gatot Widakdo, mengeluhkan hal ini dalam wawancara dengan media lokal, 24 Oras.

Tidak adanya label yang memisahkan makanan halal dan non-halal membuat Gatot tak sengaja memakan daging babi yang merupakan larangan dalam agama Islam.

"Kami berharap esok mereka bisa berubah dan memisahkan makanan halal dan non-halal," ucap Gatot dikutip BolaSport dari GMA News Online.

Baca juga: Tim Sepak Bola Kamboja Kena Sial Dua Kali di SEA Games 2019

Tak hanya perihal ketersediaan makanan halal, menu yang terbatas serta disajikan berulang-ulang menjadi perhatian lain para atlet.

Masalah konsumsi di SEA Games 2019 membuat kepala juru masak kampung atlet, Bruce Lim, angkat bicara.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya