Roger Federer Bosan Ditanya Kapan Pensiun meski Sudah 38 Tahun

Kompas.com - 26/11/2019, 13:55 WIB
Tennis - Shanghai Masters - Mens Singles - Quarterfinals - Qi Zhong Tennis Center, Shanghai, China - October 11, 2019. Roger Federer of Switzerland reacts during his match against Alexander Zverev of Germany.  REUTERS/Aly Song REUTERS/ALY SONGTennis - Shanghai Masters - Mens Singles - Quarterfinals - Qi Zhong Tennis Center, Shanghai, China - October 11, 2019. Roger Federer of Switzerland reacts during his match against Alexander Zverev of Germany. REUTERS/Aly Song

KOMPAS.com - Petenis asal Swiss, Roger Federer, mengaku belum punya niat pensiun meskipun saat ini sudah berusia 38 tahun.

Federer menilai kondisi fisiknya saat ini masih mumpuni untuk bersaing. Untuk itu, Federer belum pernah memikirkan kapan waktu akan gantung raket.

"Saya sudah menjawab pertanyaan ini (waktu pensiun) selama 10 tahun. Sejauh ini saya belum ada rencana untuk pensiun," kata Federer dikutip dari situ web Tennis World USA.

"Saya masih merasa bahagia bermain tenis meskipun saya sudah berusia 38 tahun. Sudah bertahun-tahun saya ditanya kapan akan pensiun dan saya belum tahu jawabannya," ujar Federer menambahkan.

Baca juga: Malangnya Nasib Petenis yang Hidup di Era Federer, Nadal, dan Djokovic

Pada tahun 2016, Federer sempat dikabarkan akan pensiun saat dirinya mendapat cedera lutut.

Mengenang hal itu, Federer mengakui pulih dari cedera lutut adalah salah satu hal tersulit dalam kariernya.

"Saya saat itu sudah berumur 35 tahun dan orang mengira saya akan pensiun karena harus operasi dan menjalani pemulihan yang lama. Situasi itu sangat sulit karena saya kembali cedera setelah pulih," ujar Federer.

"Saya tahu, pada usia saya ini saya harus banyak istirahat untuk menjaga kondisi. Tetapi setelah pulih dari cedera itu, saya merasa memiliki lebih banyak energi untuk terus meraih gelar juara," tutur petenis peringkat tiga dunia itu menambahkan.

Baca juga: Rafael Nadal Bawa Spanyol Juara Piala Davis 2019

Terkait dengan target terdekat, Federer ingin mendapatkan medali emas Olimpiade 2020 Tokyo.

"Target saya tentu saja juara Wimbledon dan meraih medali emas Olimpiade. Saya belum pernah meraih medali emas Olimpiade dari nomor individu," kata Federer.

"Yang terpenting sekarang adalah saya harus tetap sehat. Selain itu, saya ingin menambah jam tidur dan menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga," tutur Federer menambahkan.

Sepanjang tahun 2019, Federer sudah meraih total empat gelar yakni Swiss Indoors, Halle Open (Jerman), Miami Open, dan Dubai Open.

Terdekat, Federer akan turun dalam Grand Slam Australia Terbuka, Januari 2020.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X