Jalan Panjang Menjadi Pemain Dunia seperti Kevin Sanjaya

Kompas.com - 21/11/2019, 22:41 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya saat melawan ganda putra China, Li Jun Hui dan Liu Yu Chen dalam babak semifinal Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya menang dengan skor 21-9 21-13. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya saat melawan ganda putra China, Li Jun Hui dan Liu Yu Chen dalam babak semifinal Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Ganda putra Indonesia, Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya menang dengan skor 21-9 21-13.

KOMPAS.com - Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi mengungkapkan, para atlet muda bulu tangkis nasional masih memiliki jalan yang panjang meski sudah mendapatkan beasiswa PB Djarum.

Fung mengatakan, tidak gampang membentuk atlet kelas dunia. Ia mencontohkan kasus Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Pada audisi umum 2006, Kevin gagal lolos ke tahap karantina meskipun ia sudah melaju ke tahap final.

Pada tahun selanjutnya, Kevin mencoba lagi. Ia akhirnya lolos ke tahap karantina hingga mendapatkan beasiswa dari PB Djarum.

"(Pada 2007) saya melihat Kevin secara postur kecil, tetapi waktu kami tes, ternyata tidak kesulitan ketika memukul bola. Posisinya selalu baik terus," kata Fung, di GOR Djarum Jati, Rabu (20/11/2019).

"Penilaian saya, berarti Kevin ini memiliki antisipasi yang bagus. Karena dia tahu lawan akan kira-kira mau mukul ke mana," ucap Fung melanjutkan.

Ia bahkan sempat mempengaruhi para staf pelatih untuk meloloskan Kevin waktu itu.

"Jadi hal ini yang membuat saya mempengaruhi para pelatih (untuk meloloskan Kevin), karena Kevin waktu itu memiliki postur yang kecil," kata Fung.

Manajer Tim PB Djarum, Fung Permadi.DOK. PB DJARUM Manajer Tim PB Djarum, Fung Permadi.

"Seiring berjalannya waktu, teknik dan skill Kevin berkembang luar biasa, feeling dia dengan bola ternyata bisa dia kembangkan sendiri," ucap dia.

"Atlet-atlet seperti itu yang sebetulnya kami cari. Kalau bisa lebih baik dari Kevin, semua orang kan mempunyai ciri khas masing-masing," ujar Fung.

Baca juga: Rela Dipotong Gaji demi Sang Anak Ingin Jadi The Next Liliyana Natsir

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X