Kompas.com - 20/11/2019, 20:10 WIB
Drawa (kanan) dan Kangpo (kiri) akan menjadi Maskot PON 2020 Papua yang baru diperkenalkan pada Rabu, 20 November 2019. Antara/ Bayu KuncahyoDrawa (kanan) dan Kangpo (kiri) akan menjadi Maskot PON 2020 Papua yang baru diperkenalkan pada Rabu, 20 November 2019.

KOMPAS. com - Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) telah resmi mengumumkan maskot untuk PON 2020 Papua, Rabu (20/11/2019) di Jakarta.

Terdapat dua maskot untuk kejuaraan empat tahunan edisi ini.

Maskot pertama diberi nama Drawa yang menggambarkan burung khas Papua, burung Cendrawasih.

Maskot kedua dinamakan Kangpo yang merupakan kependekan dari nama hewan kangguru pohon.

Menurut Ketua Bidang 2 PB PON, John Wei, kedua hewan itu dipilih menjadi inspirasi maskot karena menjadi ciri khas Papua.

"Kedua maskot ini asli dari Papua. Untuk Kangguru, memang selama ini dikenal dari Australia. Ternyata, di Papua ada dan dikenal dengan kangguru pohon," kata John Wei dikutip dari Antara.

Baca juga: Daya Listrik Saat PON 2020 di Papua Dijamin Aman

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

John berharap dengan perkenalan maskot ini, masyarakat tidak lagi ragu akan pelaksanaan PON di Papua.

Sebelumnya, keraguan itu sempat muncul di publik setelah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 dipindahkan ke Jakarta.

Popnas terpaksa dipindah karena Papua selaku tuan rumah tidak menyanggupi karena faktor infrastruktur yang belum siap.

Pada akhirnya, Kemenpora menggandeng Pemprov DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk menjadi tuan rumah Popnas 2019.

Baca juga: Papua Menanti Rancangan Inpres untuk PON 2020

Terkait dengan keraguan itu, Sekretaris PB PON, Elia Loupatty, memastikan pemindahan seperti Popnas tidak akan terjadi lagi.

Elia yakin karena pembangunan segala infrastruktur saat ini sudah dikebut.

"Keraguan yang ada akan kami tepis dengan pembangunan. Kami pastikan semuanya akan siap sesuai dengan jadwal," kata Elia.

PON XX Papua nantinya akan mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan 679 nomor. Rencananya, pembukaan PON 2020 akan digelar pada 20 Oktober 2020.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X