Gaji Mourinho di Spurs Lebih Mahal Rp 136 Miliar dari Pochettino

Kompas.com - 20/11/2019, 19:00 WIB
Jose Mourinho (kiri) dan Mauricio Pochettino (kanan) dalam pertandingan Liga Primer Inggris (28/10/2017) twitterJose Mourinho (kiri) dan Mauricio Pochettino (kanan) dalam pertandingan Liga Primer Inggris (28/10/2017)

LONDON, KOMPAS.com - Pelatih anyar Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, akan dibayar lebih mahal hampir Rp 136 miliar dari Mauricio Pochettino.

Mourinho diresmikan oleh Tottenham untuk menggantikan Pochettino pada Rabu (20/11/2019) siang WIB.

"Saya sangat antusias bergabung dengan tim yang punya sejarah panjang dan dukungan luar biasa dari suporter," kata Mourinho setelah diresmikan.

Dikutip dari situs web Daily Mail, Mourinho akan mendapat gaji sebesar 15 juta poundsterling atau setara Rp 272 miliar per tahun.

Jumlah itu lebih besar dari yang diterima Pochettino. Selama di Spurs, Pochettino mendapat 8,5 juta pounds per tahun atau lebih murah Rp 136 miliar dari Mourinho.

Baca juga: Jadi Pelatih Baru Spurs, Ini Jadwal Mourinho Melawan Chelsea dan MU

Menurut situs web The Guardian, gaji yang diterima Mourinho di Tottenham sama dengan yang didapat saat masih melatih Manchester United.

Ditunjuknya Mourinho sebagai pelatih Spurs memang sangat mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, pengumuman ini terkesan terburu-buru.

Ternyata, proses yang begitu cepat ini juga ada andil dari salah satu agen pemain terkemuka Eropa, Pini Zahavi.

Pini Zahavi membantu proses negosiasi antara Jose Mourinho dan Presiden Tottenham, Daniel Levy. Negoisasi itu terjadi setelah Tottenham memecat Pochettino, Selasa (19/11/2019) malam waktu setempat.

Baca juga: Alasan Tottenham Yakin Pilih Mourinho sebagai Pengganti Pochettino

Menilik ke belakang, ternyata Pini Zahavi juga merupakan aktor penting yang membawa Mourinho dari FC Porto ke Chelsea pada tahun 2004.

Selain itu, Pini Zahavi juga terlibat dalam transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain. Transfer tersebut memecahkan rekor sebagai pemain termahal di dunia.

Nantinya, Mourinho akan menjalani debut pada pekan ke-13 Liga Inggris. Mourinho bersama Tottenham sudah ditunggu West Ham United di Stadion Olimpiade London, Sabtu (23/11/2019).

Tugas Mourinho kali ini cukup berat karena Tottenham dalam lima laga terakhir di Liga Inggris tidak pernah meraih kemenangan.

Saat ini, Tottenham tertahan di peringkat 14 klasemen dengan koleksi 14 poin, hasil dari tiga kemenangan, lima seri, dan empat kali kalah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X