Ultramaraton 250 Kilometer, Pilih Berlari Langsung atau Pakai Etape?

Kompas.com - 19/11/2019, 15:50 WIB
Carla Felany (bertopi putih) saat finis di urutan pertama pada etape pertama Run To Care Aceh 250 di kantor Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (18/11/2019). KOMPAS.com/JOSEPHUS PRIMUSCarla Felany (bertopi putih) saat finis di urutan pertama pada etape pertama Run To Care Aceh 250 di kantor Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (18/11/2019).

TEUNOM, KOMPAS.com - Lari ultramaraton menempuh jarak 250 kilometer memiliki tantangan tersendiri.

"Iya, jarak 250 kilometer itu kan jarak tempuh yang panjang," kata Carla Felany yang finis pertama pada tahapan (etape) pertama berjarak 60 kilometer Run To Care (RTC) Aceh 250 di kantor Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (18/11/2019).

Etape pertama dimulai dari Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat.

Bersama Nicky Hogan, Carla yang mengenakan jersey lengan panjang biru saat berlari, Gatot Sudariyono, serta Vonny Anggraini dan Beny Syaaf Jafar adalah lima pelari yang berinisiatif melakukan penggalangan dana bagi pengasuhan anak di SOS Children's Villages Indonesia.

Baca juga: Akhir Perhelatan SOS Run To Care 2019, Ini Jumlah Donasi Terkumpul

RTC Aceh 250 menggunakan sistem etape. Rata-rata jarak tempuh per etape sekitar 60 kilometer.

Ada empat etape yang ditempuh hingga finis pada Kamis (21/11/2019). Rata-rata capaian etape per hari berdurasi sekitar 12 jam.

"Start dimulai sekitar pukul 06.00," kata PR and Communication Manager SOS Children's Villages Indonesia, Lusiana Udjaja.

Otot

Carla Felany saat finis di urutan pertama pada etape pertama Run To Care Aceh 250 di kantor Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (18/11/2019).KOMPAS.com/JOSEPHUS PRIMUS Carla Felany saat finis di urutan pertama pada etape pertama Run To Care Aceh 250 di kantor Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (18/11/2019).

Menurut Nicky Hogan, lari ultramaraton menggunakan sistem etape memberi kesempatan pelari mendapat jeda istirahat.

"Kalau langsung, kan bisa tiga malam berlari terus," katanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X