Finlandia, Negeri Pebalap yang Akhirnya Unjuk Gigi dalam Sepak Bola

Kompas.com - 17/11/2019, 21:00 WIB
Para pemain timnas Finlandia merayakan kemenangan yang diraih atas Armenia di Yerevan, 26 Maret 2019. AFP/KAREN MINASYANPara pemain timnas Finlandia merayakan kemenangan yang diraih atas Armenia di Yerevan, 26 Maret 2019.

KOMPAS.com - Finlandia adalah sebuah negara yang tidak asing di telinga pecinta balap.

Negara di Eropa Utara ini dikenal sebagai salah satu negeri penghasil para pebalap berbakat, khususnya di dunia balap mobil seperti Formula 1 ataupun ajang reli dunia World Rally Championship (WRC).

Dalam Formula 1, ada beberapa pebalap Finlandia yang pernah mencicipi gelar juara dunia, di antaranya Mika Hakkinen dan Kimi Raikkonen.

Untuk saat kini, Finlandia punya Valtteri Bottas, rekan setim dari sang juara dunia, Lewis Hamilton.

Baca juga: Hasil F1 GP Jepang, Bottas Ungguli Vettel dan Hamilton

Bottas adalah penghuni peringkat kedua klasemen sementara, mengungguli Charles Leclerc, Max Verstappen dan Sebastian Vettel.

Sementara itu, dalam ajang WRC, Finlandia juga punya beberapa pebalap yang pernah merajai WRC, seperti Marcus Gronholm ataupun Tommi Makinen. 

Menterengnya Finlandia dalam ajang balap sangat kontras dengan kiprah mereka dalam sepak bola.

Pasalnya, negeri yang jumlah penduduknya diperkirakan ada sekitar 5,5 juta jiwa ini belum pernah tampil dalam turnamen besar seperti Piala Dunia ataupun Piala Eropa alias Euro.

Sejak federasi sepak bola Finlandia didirikan pada 1907, atau sejak menjadi anggota FIFA pada 1908, mereka belum pernah tampil dalam ajang Piala Dunia ataupun Euro.

Namun, kondisi itu terjadi sebelum 15 November 2019. Tanggal tersebut menjadi momen bersejarah bagi sepak bola Finlandia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X