Pembangunan Rampung, Ada Agenda Ini di Sirkuit Jalanan Mandalika

Kompas.com - 14/11/2019, 15:20 WIB
Menurut CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah, pada Kamis (14/11/2019), pembangunan sirkuit jalanan (street circuit) Mandalika rampung pada akhir 2020.

Agenda berikutnya pada Februari-Maret 2021 adalah tes pramusim MotoGP.  

Dibangun mulai September 2019, Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,3 kilometer dengan 19 tikungan. Kompas.com/Josephus PrimusMenurut CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah, pada Kamis (14/11/2019), pembangunan sirkuit jalanan (street circuit) Mandalika rampung pada akhir 2020. Agenda berikutnya pada Februari-Maret 2021 adalah tes pramusim MotoGP. Dibangun mulai September 2019, Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,3 kilometer dengan 19 tikungan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Andai pembangunan rampung sesuai jadwal waktu, akan ada agenda pramusim balap motor MotoGP yang digelar di sirkuit jalanan Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah mengatakan hal itu saat berjumpa dengan awak media berkenaan dengan perkembangan termutakhir Sirkuit Mandalika, Kamis (14/11/2019).

Baca juga: Sirkuit Mandalika Lombok Siap Gelar Tes Pramusim MotoGP 2021

Ricky saat memberikan pernyataan didampingi oleh Strategic Steering Committee-Senior Advisor MGPA Happy Harinto dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC sekaligus komisaris MGPA Abdulbar M Mansoer.

Berfoto dari kiri ke kanan dari arah pembaca Happy Harinto (Strategic Steering Committee-Senior Advisor Mandalika Grand Prix Association/MGPA), Abdulbar M Mansoer (Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC sekaligus komisaris MGPA), dan Ricky Baheramsjah (CEO MGPA) saat jumpa pers perkembangan terkini Sirkuit Mandalika, Kamis (14/11/2019) di Jakarta. Kompas.com/Josephus Primus Berfoto dari kiri ke kanan dari arah pembaca Happy Harinto (Strategic Steering Committee-Senior Advisor Mandalika Grand Prix Association/MGPA), Abdulbar M Mansoer (Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC sekaligus komisaris MGPA), dan Ricky Baheramsjah (CEO MGPA) saat jumpa pers perkembangan terkini Sirkuit Mandalika, Kamis (14/11/2019) di Jakarta.

"Iya, ada tes pramusim MotoGP setelah pembangunan selesai," kata Ricky.

Lebih rinci, Ricky menjelaskan bahwa tes pramusim berlangsung pada ancang-ancang waktu antara Februari-Maret 2021.

Baca juga: Menyongsong Gelaran MotoGP Mandalika 2021

Dibangun mulai September 2019, Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,3 kilometer dengan 19 tikungan.

Per Oktober 2019, pembangunan sirkuit jalanan Mandalika ada di tahap ground work badan jalan.

Pertemuan Jokowi dengan Ezepelete di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, itu tak hanya membicarakan rencana pembangunan sirkuit Mandalika, tapi juga tiga motor balap pabrikan Honda. Jokowi bahkan sempat menunggangi salah satu motor balap yang dibawa. Dok Istimewa Pertemuan Jokowi dengan Ezepelete di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, itu tak hanya membicarakan rencana pembangunan sirkuit Mandalika, tapi juga tiga motor balap pabrikan Honda. Jokowi bahkan sempat menunggangi salah satu motor balap yang dibawa.

Selanjutnya, pada Desember 2019 dilakukan pengaspalan jalan.

Kemudian, ada pengerjaan upgrading permukaan jalan menjadi lintasan balap.

Petinggi Dorna meninjau pembangunan Sirkuit MandalikaFoto: ITDC Petinggi Dorna meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika

Sementara itu, catatan yang disampaikan Ricky juga menunjukkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga menyediakan anggaran Rp 1,4 triliun.

Uang sebesar itu untuk pembangunan jalan mulai dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok (MIA) di Praya, Lombok Tengah menuju Mandalika.

"Konstruksinya dimulai 1 Januari 2020," kata Ricky Baheramsjah.

Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit. Dok Istimewa Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X