Kompas.com - 09/11/2019, 21:40 WIB
Iker Casillas memberikan saran terkait peningkatan sistem penggunaan Video Assistant Referee (VAR) Iker Casillas memberikan saran terkait peningkatan sistem penggunaan Video Assistant Referee (VAR)

KOMPAS.com - Mantan kiper utama Spanyol dan Real Madrid, Iker Casillas, menyatakan bahwa seharusnya sistem penggunaan Video Assistant Referee (VAR) melibatkan para mantan pemain sepak bola. 

Casillas sendiri sudah memulai karir profesionalnya bersama tim utama Real Madrid sejak musim 1999/2000. 

Menurutnya, pengalaman para mantan pemain sepak bola bisa memberikan perspektif tersendiri dalam membantu tim wasit mengambil keputusan-keputusan krusial melalui VAR. 

"Saya menyarankan agar para mantan pemain sepak bola dilibatkan bersama para analisis VAR", tulis Iker Casillas pada akun twitternya seperti dikutip dari Marca.

"Akan lebih baik apabila mereka (para mantan pemain sepak bola) memberikan pandangannya tentang insiden yang terjadi sepanjang pertandingan", ucap Iker Casillas menambahkan.

Baca juga: PSSI Pastikan Penggunaan VAR di Piala Dunia U-20 dan Liga Indonesia

Akhir-akhir ini VAR kerap kali mendapat kritikan dari banyak pelaku sepak bola. Frank Lampard adalah salah satu yang paling keras mengkritik cara kerja VAR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kritikan tersebut Lampard utarakan usai pertandingan Chelsea kontra Watford pada lanjutan pekan ke-11 Liga Inggris, Sabtu (2/11/2019) lalu.

Lampard merasa kurang puas atas keputusan wasit yang merubah keputusan untuk memberikan penalti kepada Watford setelah ada intruksi dari petugas yang memantau VAR.

Keputusan tersebut diambil usai wasit yang memimpin laga itu, Anthony taylor, diminta untuk  melihat kembali video yang merekam insiden benturan antara Jorginho (Chelsea) dan Deulofeu (Watford)  di dalam kotak penalti.

Baca juga: Legenda Italia Sebut VAR Menjijikkan

Di hari yang sama, pelatih Liverpool, Juergen Klopp juga sempat mengomentari kinerja VAR.

Dirinya mengaku kesal usai gol penyerang andalan Liverpool, Roberto Firmino, harus dianulir usai hakim garis mengisyaratkan bahwa sang pemain berada di posisi offside saat mengakhiri umpan matang Sadio Mane.

Sempat melihat VAR, wasit yang memimpin pada laga tersebut memutuskan bahwa Firmino memang berada dalam posisi offside.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Marca
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.