Iwan Bule Pastikan PSSI Gelar Pelatihan VAR pada Awal Tahun 2020

Kompas.com - 06/11/2019, 14:00 WIB
Ketua Umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan memberikan keterangan pers saat jeda Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Pria yang akrab Iwan Bule itu terpilih menjadi ketua umum PSSI untuk periode 2019-2023 setelah meraih 82 suara dari 85 pemilik suara (voter). ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANKetua Umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan memberikan keterangan pers saat jeda Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Pria yang akrab Iwan Bule itu terpilih menjadi ketua umum PSSI untuk periode 2019-2023 setelah meraih 82 suara dari 85 pemilik suara (voter).

KOMPAS.com - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) Mochmad Iriawan akan menggelar pelatihan untuk menjalankan Video Assistant Referee ( VAR) pada awal 2020.

Menurut Iwan Bule, sapaan akrabnya, keputusan tersebut diambil dalam rapat perdana Komite Eksekutif (Exco) periode 2019-2023 pada Selasa (5/11/2019).

Soal sumber daya manusia (SDM) dinilai penting sebagai langkah awal penerapan VAR.

Baca juga: Rafael Nadal Geser Novak Djokovic dari Peringkat Satu ATP

"Kami akan melakukan pelatihan VAR pada awal tahun 2020 agar pada akhir tahun atau awal 2021 mereka bisa bekerja," ujar Iwan di Kantor PSSI, yang dikutip dari Antara.

"Mudah-mudahan mulai akhir tahun 2020 atau minimal awal tahun 2021, kami sudah memakai VAR,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat itu.

Jika SDM sudah siap, lanjut dia, PSSI tinggal mendatangkan peralatan VAR dan mempersiapkan infrastruktur.

"Kalau alat, kan, banyak. Tinggal didatangkan," tutur dia melanjutkan.

Terkait penggunaan VAR, ada peraturan khusus yang sudah diatur oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada 2018-2019 soal hukum-hukum pertandingan (Laws of the Game).

Berdasarkan peraturan IFAB, penggunaan teknologi VAR harus dilengkapi dengan ruang operasional video (VOR) dan area tinjauan wasit (RRA).

VOR wajib diisi oleh tiga orang yaitu wasit VAR, asisten wasit VAR, dan operator replay (RO).

Sementara itu, di RRA harus ada satu wasit yang bertugas meninjau kejadian di lapangan. Semuanya harus tersertifikasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X