Point Guard Toronto Raptors Memutuskan Pensiun Setelah 14 Musim di NBA

Kompas.com - 05/11/2019, 13:40 WIB
Jose Calderon sebelum bertanding bersama Detroit Pistons melawan San Antonio Spurs Jose Calderon sebelum bertanding bersama Detroit Pistons melawan San Antonio Spurs

KOMPAS.com - Salah satu pemain paling populer di Toronto Raptors, Jose Calderon, memutuskan pensiun setelah 14 musim berkarier di NBA.

Pria asal Spanyol itu telah 20 tahun berkarier sebagai pemain basket profesional, tapi 70 persen kariernya dihabiskan di NBA.

Calderon sempat membela tiga tim di Liga Basket Spanyol, yakni Alicante, Fuenlabrada, dan Baskonia, sebelum akhirnya hijrah ke NBA dengan bergabung Toronto Raptors pada 2005.

Pada masa awal berada di Amerika, Calderon terkendala dalam bahasa untuk memproses intruksi dari staf pelatih.

Namun, hal itu tidak masalah bagi Calderon. Sebab, dia bisa menunjukkan penampilan terbaiknya walaupun terkendala bahasa.

Jose Calderon melakukan debutnya bersama Toronto pada 2 November 2005. 

Toronto Raptors pun mengunggah ucapan perpisahan kepada Calderon melalui akun Twitter mereka.

Baca juga: Pemprov DKI Gandeng Junior NBA Siapkan Kurikulum Olahraga Basket

"Selamat atas karier yang luar biasa," tulis Toronto Raptors dalam Twitter mereka.

Pada 30 Januari 2013, Calderon dikirim oleh Toronto Raptors ke Detroit Pistons. Setelah itu, dia menghabiskan waktu bersama Dallas Mavericks, New York Knicks, LA Lakers, Atalanta Hawks, dan Cleveland Cavaliers.

Sebelum memutuskan pensiun, Calderon melakukan perjalanan karier terakhirnya dengan kembali ke Detroit Pistons pada musim 2018-2019.

Selama 14 musim berkarier di NBA, Calderon telah memainkan 895 pertandingan dengan rata-rata 8,9 poin, 2,4 rebound, dan 5,8 assist.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X