Termasuk Iwan Bule, Ini 6 Ketum PSSI dengan Pangkat Bintang di Pundak

Kompas.com - 03/11/2019, 09:00 WIB
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 melalui pemilihan pada Kongres Luar Biasa PSSI, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Dok. PSSIMochamad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 melalui pemilihan pada Kongres Luar Biasa PSSI, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

KOMPAS.com - Komjen Pol Mochamad Iriawan terpilih menjadi Ketua Umum PSSI dengan masa jabatan 2019-2023.

Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule itu terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Hotel Shangrilla, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Jenderal Polisi bintang tiga itu terpilih setelah meraih 82 suara dari total 85 voters atau menang dengan persentase 98 persen.

Saat pemungutan suara, Iwan Bule mengalahkan dua pesaingnya yakni Arif Putra Wicaksono dan Rahim Soekasih.

Hingga 2023 nanti, mantan Kapolda Metro Jaya pada tahun 2016 itu akan ditemani oleh dua wakil ketua yakni Iwan Budianto dan Cucu Soemantri.

Baca juga: Janji Iwan Bule Usai Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI 2019-2023

Sepanjang sejarah, Iwan Bule menjadi Ketua Umum ke-17 PSSI. Uniknya, Iwan Bule menjadi Ketua Umum pertama yang berasal dari kalangan Kepolisian.

Sebelum Iwan Bule, jabatan Ketua Umum PSSI juga pernah diisi dari kalangan aparat. Hanya saja lebih didominasi oleh tentara.

Selama ini kursi ketua umum PSSI memang identik dengan tentara. Ir. Soeratin sebagai pendiri PSSI dan ketua pertama juga berasal dari memiliki latar belakang militer dengan jabatan terakhir adalah Letnan Kolonel.

Sebelum Irwan Bule, terdapat enam mantan Ketua Umum PSSI berpangkat tinggi atau memiliki bintang di pundaknya.

Berikut adalah enam mantan ketua umum PSSI yang punya latar belakang tentara berbintang:

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X