Jokowi Ingin Timnas Indonesia Juga Berprestasi pada Piala Dunia U-20

Kompas.com - 02/11/2019, 11:26 WIB
Menpora Zainudin Amali saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Kongres Luar Biasa PSSI di Shangri-La Hotel, Jakarta, pada Sabtu (2/11/2019). KOMPAS.COM/FARAHDILLA PUSPAMenpora Zainudin Amali saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Kongres Luar Biasa PSSI di Shangri-La Hotel, Jakarta, pada Sabtu (2/11/2019).

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora) Zainudin Amali menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo ingin Indonesia tak sekadar sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Lebih dari itu, Presiden Jokowi berharap tim nasional Indonesia juga bisa merengkuh prestasi pada ajang bergengsi tersebut.

Pesan presiden itu disampaikan Menpora pada sesi pembukaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11//2019) pagi.

Baca juga: Menpora Buka Kongres Luar Biasa PSSI, Minta Semua Pihak Turunkan Ego

Menurut Menpora, Presiden Jokowi menyampaikan harapan itu dalam Rapat Terbatas yang berlangsung pada Jumat (1/11/2019) kemarin.

"Ada satu perhelatan besar yang mempertaruhkan nama bangsa, yakni pelaksaan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Pada rapat terbatas pada Jumat kemarin, bapak presiden mengeluarkan perintah tegas," kata Menpora Zainudin Amali.

"Presiden bilang, 'Pak Menpora, begitu selesai kongres, segera bentuk tim nasional, tentukan siapa pelatihnya, dan kalau mau latihan di mana pun, insyaallah kita akan suport'," ujar Menpora menirukan ucapan Jokowi.

"Kebetulan saat itu ada ibu Menteri Keuangan, langsung diperintah," ujar Menpora melanjutkan.

Menpora kemudian kembali menegaskan kepada para calon Ketua Umum PSSI, calon anggota Exco PSSI, dan para voters untuk serius mengembangkan sepak bola nasional.

"Presiden menyampaikan jangan sampai kita hanya sukses menjadi tuan rumah penyelenggara, tetapi kita harus sukses prestasi juga."

"Kita sadar, untuk menjadi juara, perjuangannya berat, tetapi bukan suatu hal yang tidak mungkin. Kita harus optimistis," ucap Menpora.

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 didapat setelah FIFA selaku otoritas sepak bola tertinggi di dunia melakukan pertemuan di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X