Kompas.com - 01/11/2019, 16:50 WIB
Ki-Ka: Justinus Lhaksana (Penggiat Sepak Bola & Content Creator), Rezki Yanuar (Country Brand Manager Shopee Indonesia), Viola Kurniawati (Mantan CEO PSS Sleman) dan Tio Prasetyo (Founder Box2Box) dalam acara Bincang Shopee Liga 1, Kamis (31/11/2019). KOMPAS.com/ HAFIDZ IMADUDDINKi-Ka: Justinus Lhaksana (Penggiat Sepak Bola & Content Creator), Rezki Yanuar (Country Brand Manager Shopee Indonesia), Viola Kurniawati (Mantan CEO PSS Sleman) dan Tio Prasetyo (Founder Box2Box) dalam acara Bincang Shopee Liga 1, Kamis (31/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinergi antara klub dan suporter menjadi salah satu poin penting yang bisa membuat industri sepak bola di suatu negara menjadi maju.

Hal tersebut masih belum terlihat di Indonesia yang sedang membangun industri sepak bolanya.

Kondisi ini menjadi tidak enak untuk didengar karena menurut riset Nielsen Sport tahun 2019, Indonesia berada di peringkat kedua negara penggila sepak bola.

Menurut riset tersebut, 77 persen penduduk Indonesia memiliki ketertarikan kepada olahraga sepak bola.

Melihat fakta ini, Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia, menilai suporter di Indonesia seharusnya bisa lebih berperan untuk kemajuan industri sepak bola.

Baca juga: Perjalanan Mendiang Alfin Lestaluhu Bersama Timnas U-16 Indonesia...

Rezki menganggap pada era teknologi seperti sekarang ini, suporter mendapatkan lahan untuk memberikan dukungan yang lebih luas tidak hanya sekadar hadir di stadion.

Hal ini diungkapkan Rezki dalam acara Bincang Shopee Liga 1 - Sepak Bola: Semua Bisa Jadi Konten, di Holywings Restaurant, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (31/11/2019).

"Perkembangan industri sepak bola di Indonesia menjadi salah satu motivasi kami untuk turut andil dalam mengembangkan industri tersebut melalui kerja sama kami dengan Liga 1 di Indonesia," kata Rezky.

Dalam acara tersebut, salah satu narasumber yang hadir adalah mantan pelatih timnas futsal Indonesia, Justinus Lhaksana.

Pria yang akrab disapa Justin itu mendukung pernyataan Rezky bahwa suporter di Indonesia kini harus lebih aktif berkreasi terlebih di luar tribune.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X