KLB PSSI, Pertarungan Tentang Perubahan Vs Status Quo

Kompas.com - 01/11/2019, 15:00 WIB
Logo PSSI. Dok. PSSILogo PSSI.
|

KOMPAS.COM - Kongres Luar Biasa PSSI untuk menetukan kepengurusan baru periode 2019-2023 akan digelar pada Sabtu (2/11/2019). 

Jelang KLB, muncul isu yang menyebutkan adanya upaya pemenangan untuk salah satu calon ketua umum. Isu tersebut dihembuskan oleh bos Persis Solo, Vijaya Fitriyasa

Salah satu pengamat sepak bola, Tommy Welly, menilai Vijaya adalah sosol baru di PSSI. Towel, sapaan akrabnya, menilai Vijaya akan kesulitan untuk bertarung di arena kongres PSSI nanti.

"Sebagus apa pun Vijaya, dengan ekosistem sepak bola yang seperti sekarang akan sangat sulit bagi siapa pun yang kategori wajah baru di pentas PSSI saat memasuki arena pertarungan Kongres PSSI itu sendiri," kata Towel.

Tentu saja bukan soal ide atau gagasan perubahan yang bakal diusung, tapi bagaimana sosok Vijaya bisa diterima dulu di kalangan voters. Hal ini yang sama sekali tak mudah.

"Mayoritas karakter voters yang masih berpikir dengan pola pikir lama, misalnya wani piro dan lain sebagainya," tutur Towel.

Baca juga: Rasa Aneh di Perut Cristiano Ronaldo Jelang Final Liga Champions 2017

Tapi harap diingat ya, aksi Vijaya membeli Persis Solo itu masih menyisakan masalah perihal keabsahan pembelian dan bukan berarti dengan menjadi owner persis solo otomatis Vijaya bisa jadi Ketum PSSI," jelasnya menambahkan. 

Calon Ketua Umum PSSI, Vijaya Fitriyasa. Dok.Pribadi Calon Ketua Umum PSSI, Vijaya Fitriyasa.

Dengan membeli Persis, menurut Towel, bisa jadi bumerang bagi Vijaya. Kebijakan  Vijaya mengakuisisi Persis, dinilai Towel, melemahkan upaya kampanyenya yang mengusung perubahan di tubuh PSSI.

"Sebab akuisisi persis menjadi catatan buruk baginya. Ingat ya, catatan besar mengenai Kongres besok ini adalah pertarungan tentang perubahan versus status quo. Aspirasi publik bola tentu ingin perubahan di tubuh PSSI," jelas Towel. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X