Tak Hanya PSSI, Suporter Juga Diminta Perbaiki Diri dan Elegan

Kompas.com - 31/10/2019, 17:40 WIB
Akibat kerusuhan yang dilakukan bonek karena kecewa dengan Persebaya Surabaya seusai melawan PSS Sleman dalam lanjutan liga 1 2019 Pekan 25 yang berakhir dengan skor 2-3 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/10/2019) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUAkibat kerusuhan yang dilakukan bonek karena kecewa dengan Persebaya Surabaya seusai melawan PSS Sleman dalam lanjutan liga 1 2019 Pekan 25 yang berakhir dengan skor 2-3 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/10/2019) sore.

KOMPAS.com - Pengamat dari Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali, menyayangkan aksi perusakan Stadion Gelora Bung Tomo oleh oknum suporter seusai laga Persebaya Surabaya vs PSS Sleman pada beberapa waktu lalu.

Akmal, yang hadir pada acara Penyampaian Visi-Misi Calon Ketua PSSI 2019-2023 di Wisma Kemenpora, Rabu (30/10/2019), menyebut tak hanya PSSI yang harus berbenah, tetapi juga suporter.

Menurut Akmal, jika ingin protes terhadap manajemen klub, seharusnya suporter tidak merusak fasilitas stadion.

"Sangat disesalkan dengan yang dilakukan kawan-kawan Bonek, merusak fasilitas umum, apalagi fasilitas sepak bola, sangat disayangkan," kata Akmal.

Baca juga: Resmi, Persebaya Surabaya Tunjuk Aji Santoso sebagai Pelatih Baru

"Kalau mau protes dengan manajemen, demo saja di kantor Persebaya. Padahal, cara mereka pada akhir babak pertama dengan mengosongkan tribune sudah benar," tutur dia.

Kericuhan yang dilakukan ratusan oknum suporter Persebaya terjadi karena kekecewaan mereka terhadap performa Bajul Ijo belakangan ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari enam pertandingan terakhir Liga 1 2019, Persebaya memang gagal mendulang kemenangan.

Bahkan, mereka sudah menelan tiga kekalahan beruntun, yaitu dari Persib Bandung, Persela Lamongan, dan teranyar PSS Sleman.

Ratusan oknum suporter pun turun ke lapangan stadion usai laga Persebaya vs PSS Sleman, sebagai bentuk protes.

Baca juga: Usai Dirusak Suporter, Gelora Bung Tomo Segera Diperbaiki

Aksi suporter semakin menjadi-jadi di tengah lapangan, di antaranya merusak papan iklan, tempat ofisial, bangku cadangan pemain, jaring gawang, dan sarana lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X