Selain Prestasi Klub, Cara Ini Dipercaya Bisa Dulang Animo Penonton

Kompas.com - 30/10/2019, 16:51 WIB
Pemain Persija Jakarta berjabat tangan dengan pemain Persib Bandung pada laga pekan kedelapan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Persija Jakarta bermain imbang dengan skor 1-1 melawan Persib Bandung KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPemain Persija Jakarta berjabat tangan dengan pemain Persib Bandung pada laga pekan kedelapan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Persija Jakarta bermain imbang dengan skor 1-1 melawan Persib Bandung

JAKARTA, KOMPAS.com - Persib Bandung bisa dikatakan menjadi klub sepak bola Tanah Air dengan segudang prestasi.

Mencatatkan rentetan panjang gelar juara sejak di Perserikatan, klub yang cikal bakalnya bernama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) juga punya sederet prestasi saat bermukim di kasta liga profesional.

Baca juga: Persib Bandung Vs Persija Jakarta, Rekor Sempurna Omid Nazari

Tak hanya itu, dalam perbincangan Kompas.com dengan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono pada akhir September 2019, ketahuan bahwa dukungan suporter juga menjadi modal besar Persib Bandung.

Bigmatch Liga 1 pekan 25 antara Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (28/10/2019).persija.id Bigmatch Liga 1 pekan 25 antara Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (28/10/2019).

Kendati begitu, kata Teddy, suporter masa kini sudah lebih banyak belajar ikhwal prestasi klub.

Paling tidak dalam pengamatan Teddy, suporter memilih tidak mau datang ke stadion bila prestasi klub jeblok.

Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi.KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi.

Patut dibayangkan kalau klub kian minim dukungan penonton ke stadion.

"Iya pendapatan klub kan salah satunya dari tiket yang dibeli penonton," kata Teddy mengisyaratkan betapa pentingnya penonton bagi sebuah klub sepak bola.

Dukungan Bobotoh kepada Persib Bandung saat menghadapi Bali United, beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Dukungan Bobotoh kepada Persib Bandung saat menghadapi Bali United, beberapa waktu lalu.

Sentuhan

Ilustrasi online marketingPEXELS.com Ilustrasi online marketing

Ikhwal mendulang jumlah penonton, pandangan Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix, bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih.

Baginya, bahkan pertandingan sepak bola di stadion, membutuhkan sentuhan teknologi digital demi menunjang sukses pelaksanaannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X