Fary Francis: Indonesia Harus Bangga Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kompas.com - 27/10/2019, 13:48 WIB
Fary Francis Itengah) saat berada memantau Pelabuhan Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan Distrik Oeskusi, Timor Leste. Sigiranus Marutho Bere/Kompas.comFary Francis Itengah) saat berada memantau Pelabuhan Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan Distrik Oeskusi, Timor Leste.

KUPANG, KOMPAS.com - Calon Ketua Umum PSSI Fary Djemi Francis menyatakan bahwa Indonesia patut bangga karena ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Keputusan resmi penunjukan Indonesia ini diumumkan resmi oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam FIFA Council Meeting di Shanghai, China, pada Kamis (24/10/2019).

Fary Francis pun menilai bahwa kabar baik itu tentu sangat membanggakan bagi masyarakat Indonesia.

"Kita sepatutnya bangga dan bahagia dengan penunjukan ini. Ada banyak dampak positif yang bisa kita rasakan," kata Fary Francis, yang juga adalah mantan Ketua Komisi V DPR RI itu, kepada Kompas.com di Kupang, Minggu (27/10/2019).

Menurut Fary, salah satu hal yang bisa membuat masyarakat bangga adalah karena timnas U-20 Indonesia sudah pasti otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2021.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Risma Beri Imbauan untuk Bonek

Indonesia kali pertama lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 hampir setengah abad silam.

Ketika itu, di Tokyo 1979, Indonesia juga lolos ke Piala Dunia Junior dan berhadapan dengan Argentina, Polandia, dan Yugoslavia.

Fary mengatakan, tampilnya timnas di Piala Dunia U-20 2021 tentu juga bisa menjadi etalase penting buat para pemain Garuda Muda.

"Mereka akan dipantau dan dilirik oleh banyak scouter klub-klub besar dunia nantinya," ujar Fary yang punya koneksi internasional bagus ini.

Kini, ada 10 stadion disiapkan yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Bogor, Cikarang, Bandung, Solo, Surabaya, dan Bali.

Baca juga: Dampak Positif Penunjukan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Di kota-kota itu, tentu, juga akan ada percepatan pembenahan infrastruktur.

"Kita juga berharap, sektor informal plus industri wisata kita juga terpacu maju," tutup politisi Partai Gerindra itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X