Kualifikasi MotoGP Australia Hari Ini Dibatalkan karena Angin Kencang

Kompas.com - 26/10/2019, 12:54 WIB
MotoGP Inggris 2019. MotoGPMotoGP Inggris 2019.
|

KOMPAS.com - Kualifikasi MotoGP Australia di Phillip Island hari ini, Sabtu (26/10/2019), dilaporkan telah dibatalkan karena kondisi berbahaya terkait adanya angin kencang.

Pada sesi latihan bebas atau free practice (FP4), bendera merah dikibarkan menyusul kecelakaan yang dialami pebalap Miguel Oliveira (KTM Tech3).

Miguel Oliveira mengalami kecelakaan berkecepatan tinggi di tikungan pertama saat ia terpental keluar jalur dengan motor KTM Tech3-nya.

Diduga kecelakaan tersebut terjadi karena pengaruh angin kencang. Beruntung, setelah mendapat perawatan medis, Oliveira tak mengalami cedera serius.

Baca juga: Jadwal MotoGP Australia 2019, Menanti Balapan Ke-400 Valentino Rossi

Terkait hal itu, pihak MotoGP mengonfirmasi bahwa sisa sesi FP4, kualifikasi Q1 dan Q2, pada hari ini telah dibatalkan karena kondisi cuaca.

Para pejabat MotoGP akan menilai kondisi besok dengan maksud apakah akan menjalankan Q1 dan Q2 sebelum GP Australia.

Jika kualifikasi tidak dapat dijadwalkan, posisi grid akan ditentukan oleh waktu latihan bebas gabungan ketiga, dengan Maverick Vinales (Yamaha) di posisi pole position, diikuti pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan LCR Cal Crutchlow.

"Kami telah mengambil keputusan di Komisi Keamanan bahwa saat ini tidak aman dalam angin kencang, ini terlihat ketika Miguel Oliveira jatuh dengan angin mendorongnya," kata Karel Abraham dari Avintia Ducati dikutip dari Crash.net.

"Kami telah memutuskan bahwa kami harus berhenti hari ini dan mencoba lagi besok," ucapnya.

Baca juga: MotoGP Australia 2019, Quartararo Terlempar bersama Motornya Saat FP1

Kejadian pembatalan kualifikasi ini mengulangi apa yang terjadi di MotoGP Qatar pada 2017 karena cuaca buruk.

Saat itu, Vinales mengambil pole position berdasarkan waktu latihan terakhir di Qatar.



Sumber Crash
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X