Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dibuka, 15 Negara Bersaing dalam Menpora Emeralda Internasional Amateur Golf Cup 2019

Kompas.com - 24/10/2019, 12:22 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Persatuan Akademi Golf Indonesia (PAGI) resmi membuka turnamen Menpora Emeralda Internasional Amateur Golf Cup 2019 pada Rabu (23/10/2019).

Sebanyak 15 negara ambil bagian untuk menjadi juara dalam event internasional yang baru pertama kali dihelat di Indonesia ini.

Bertempat di Padang Golf Emeralda, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, pembukaan Menpora Emeralda Amateur Golf Cup 2019 diwarnai tarian kesenian, serta penampilan alunan musik angklung yang dibawakan Siswa SMP N 1 Cileungsi guna memperkenalkan kekayaan kebudayaan Indonesia di hadapan para peserta mancanegara.

Perhelatan ini memang menjadi tonggak sejarah. Sebelumnya, turnamen ini hanya berskala nasional, untuk tahun ini menjadi skala internasional karena diikuti pegolf dari mancanegara.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Babak Kedua French Open 2019, 11 Wakil Indonesia Berjuang

Pegolf dari Indonesia akan bersaing dengan pegolf dari Myanmar, India, Vietnam, China, Australia, Oman, Thailand, Laos, Swedia, Korea Selatan, Jepang, Filipina, Singapura dan Malaysia.

Keikutsertaan pegolf dari luar negeri ini setidaknya diharapkan dapat memacu pegolf Indonesia berprestasi.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Panitia Menpora Emeralda Internasional Amateur Golf Cup 2019, Marulam Sitohang.

"Turnamen ini pertama berlabel internasional karena tiga event sebelumnya hanya level nasional. Pegolf yang datang juga dengn ranking tinggi untuk menjaga kualitas turnamen ini," ucap Marulam.

"Semoga event ini membuat pegolf Indonesia berkompetisi dan event ini dapat mengangkat nama Indonesia di Asia serta bisa menjadi pusat turnamen tingkat amatir di Asia," kata dia.

Sementara itu, Presiden Persatuan Akademi Golf Indonesia (PAGI), Adi Purboyo, mengaku cukup bangga dengan perhelatan ini.

Baca juga: Jadwal Liga 1, Hari Ini PSS Vs Persija, Arema FC dan PSM Juga Main

Setidaknya ajang ini menjadi satu-satunya event internasional di level akademi.

"Ini turnamen amatir persembahan Kemenpora bersama PAGI dan Emeralda Golf. Dan ini satu-satunya turnamen dalam kategori akademi jadi selamat bertanding untuk semua pegolf," tutur Adi.

Adapun Staf Kemenpora, Candra Bhakti, sangat antusias dengan perhelatan ini. Ia berharap event ini menjadi agenda tahunan.

"Kami dari Kemenpora mendukung penuh kegiatan ini dan semoga PAGI Emeralda Golf Club bisa konsisten menggelar event ini setiap tahun amateur golf cup 2019," ujar Candra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com