Zainudin Amali, Minim Jejak di Olahraga, Pernah Diperiksa KPK

Kompas.com - 23/10/2019, 12:41 WIB
Politisi Golkar Zainudin Amali usai bertemu Presiden Joko Widodo membicarakan posisi menteri KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMPolitisi Golkar Zainudin Amali usai bertemu Presiden Joko Widodo membicarakan posisi menteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo sudah menunjuk politisi Golkar Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dalam Kabinet Indonesia Maju.

Nama Zainudin Amali turut diumumkan saat pengumuman Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019).

Meski ditunjuk menjadi Menpora, Zainudin nyaris tak punya rekam jejak sama sekali di dunia olahraga.

Menurut Zainudddin, dirinya pernah terlibat dalam penyelenggaraan Liga Mahasiswa.

"Pengalaman di olahraga ada saja. Dahulu pernah membentuk liga mahasiswa," ujar Zainudin kepada wartawan usai dipanggil Presiden Jokowi, Selasa (22/20/2019).

Selain nyaris tak punya rekam jejak di dunia olahraga, Zainudin justru pernah ikut terseret dalam beberapa kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi.

Nama Zainudin tercatat pernah terseret dalam kasus suap sengketa pemilihan kepala daerah yang menjerat Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Zainuddin Amali Akui Ada Permintaan Uang 10 Miliar dari Akil Terkait Pilgub Jatim

Zainuddin juga pernah terseret kasus korupsi di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang menjerat Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Waryono Karno.

Sebelum ditunjuk menjadi Menpora, Zainudin aktif sebagai anggota DPR.

Ia pernah menjabat di Komisi II yang membidangi urusan dalam negeri, sekretariat negara, dan pemilu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X