Grup Djarum Beli Como 1907 yang Bakal Jadi "Rumah" Garuda Select

Kompas.com - 18/10/2019, 09:06 WIB
Mirwan Suwarso Tjahjo Sasongko/Kompas.comMirwan Suwarso

KOMPAS.com - Duo pemilik Grup Djarum, Michael Bambang dan Robert Budi Hartono, mengambil alih klub Serie C Italia, Como 1907. Mereka ingin menjadikan markas klub tersebut sebagai "rumah" bagi tim masa depan Indonesia, Garuda Select.

Pengambilalihan klub berusia yang didirikan pada tahun 1907 tersebut terjadi pada tahun 2019, tepatnya awal April.

Hal itu berdasarkan laporan Calcio E Finanza yang mengatakan bahwa perusahaan Inggris, SENT Entertainment Ltd, sudah membeli klub tersebut.

Baca juga: Garuda Select II Bakal Jajal Man City, Juventus, dan Inter/AC Milan

SENT Entertainment Ltd dikendalikan oleh Grup Djarum yang dimiliki oleh Michael Bambang dan Robert Budi Hartono.

Dua bersaudara ini masuk jajaran orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai 35 miliar dollar AS (sekitar Rp 494 triliun), seperti dilaporkan Forbes.

Como 1907, yang sudah berusia 112 tahun, baru saja promosi dari Serie D pada tahun 2019.

Meski demikian, klub tersebut mengalami masalah finansial sehingga pernah dinyatakan bangkrut pada Desember 2004, kemudian pada 2017.

Soal pembelian klub berjulukan I Lariani tersebut dikonfirmasi oleh Mirwan Suwarso selaku perwakilan MolaTV, yang juga termasuk anak usaha Grup Djarum.

Dia membeberkan hal tersebut ketika mempresentasikan acara dokumenter "The American: Como 1907", yang merupakan salah satu program dari sekian banyak acara yang bakal ditayangkan MolaTV.

"Kami membelinya tak sampai Rp 5 miliar. Istilahnya, kami menebus di pegadaian. Kami hanya memastikan karyawan mereka gajinya terselesaikan," ujar Mirwan dalam acara bincang-bincang dengan wartawan di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Wajar jika klub tersebut harganya "murah" karena dalam keadaan compang-camping. Dalam teaser dokumenter tersebut, tampak infrastruktur Como 1907 sangat memprihatinkan karena ada sebagian plafon di dalam stadion sudah terkelupas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X