Timnas Vietnam Tingkatkan Performa dengan Menyelaraskan Jadwal Liga

Kompas.com - 16/10/2019, 17:40 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Alberto Goncalves (kiri) berebut bola dengan  pesepak bola Timnas Vietnam Que Ngoc Hai dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019). Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 1-3. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANAPesepak bola Timnas Indonesia Alberto Goncalves (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Que Ngoc Hai dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019). Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 1-3.

KOMPAS.com - Keselarasan antara jadwal tim nasional dan liga menjadi aspek yang sangat penting bagi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Dengan adanya keselarasan itu, timnas Vietnam pun bisa optimal dalam meningkatkan performa mereka pada turnamen yang diikuti.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Presiden VFF, Tran Quoc Tuan, saat ditemui di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Selasa (15/10/2019) malam.

"Pihak federasi harus duduk bersama dengan pihak liga dan klub. Mereka harus menemukan solusi terbaik terkait jadwal agar timnas mempunyai waktu untuk menjalani latihan," kata Tran Quoc Tuan dikutip dari Antara.

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam, Irfan Bachdim Beberkan Alasan Garuda Kalah

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, sebetulnya juga sudah mengeluhkan padatnya jadwal Liga 1 Indonesia yang membuat pemain dalam kondisi tak bugar ketika bergabung ke timnas.

Menurut Simon, hal itu menjadi alasan di balik buruknya penampilan Indonesia yang belum pernah menang dari empat pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Indonesia dianggap hanya tampil bagus pada babak pertama, tetapi keletihan pada paruh kedua.

Pada paruh kedua itulah, Indonesia tampil di bawah ekspektasi dan kebobolan gol demi gol.

Tran Quoc Tuan sendiri memaklumi mengapa jadwal timnas dan liga menjadi polemik di Indonesia.

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam, Simon McMenemy Sempat Ketakutan Saat Menuju Bus

"Hal itu memang sulit. Hampir di setiap negara dapat ditemukan masalah yang diakibatkan benturan jadwal antara timnas dan liga," kata Ketua Komite Kompetisi AFC periode 2019-2023 itu.

Indonesia sendiri kalah 1-3 dari Vietnam pada laga tadi malam di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Tim asuhan Simon McMenemy kini terbenam di dasar klasemen tanpa poin. Sebaliknya, Vietnam naik ke posisi kedua dengan tujuh poin dari tiga laga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X