6 Klub Liga 1 Lolos Lisensi AFC, 8 Klub Ditolak, Siapa Saja?

Kompas.com - 14/10/2019, 06:45 WIB
Tim Persib Bandung. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHATim Persib Bandung.

KOMPAS.com - Pada Selasa (8/10/2019), Club Licencing Committee yang diketuai Timmy Setiawan, mengadakan pleno pengambilan keputusan tentang lisensi klub-klub Liga 1 oleh Konfederasi Sepak Bola Asia ( AFC).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam proses verifikasi dan lisensi untuk klub sepak bola profesional Indonesia.

Hasil verifikasi dan lisensi kemudian digunakan sebagai tolok ukur agar sebuah tim bisa berpartisipasi di kompetisi internasional yang diselenggarakan AFC.

Tahun ini, ada 16 klub Liga 1 yang berpartisipasi dalam kegiatan Club Licensing.

Baca juga: Persebaya Juara Liga 1 U-20

Adapun lima kriteria yang ditetapkan AFC untuk mendapatkan lisensi adalah: Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Finance.

Hasilnya, terdapat enam klub Liga 1 yang mendapatkan status "Granted" atau "Lolos", yakni Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Keenam klub yang lolos di atas bisa ikut turnamen di bawah naungan AFC tahun depan seperti Liga Champions Asia atau Piala AFC.

Syarat ikut dua turnamen tersebut tentunya jika melewati tahapan yang ditetapkan yakni juara Liga 1 dan juara Piala Indonesia.

Satu tempat Piala AFC 2020 sudah dipastikan menjadi milik PSM Makassar yang merupakan juara Piala Indonesia 2018.

Sementara untuk juara Liga 1 akan ikut Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) dari putaran pertama, jika gagal mereka akan turun ke Piala AFC.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PSSI
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X