Jadikan Asian Games 2018 Momentum Kejayaan Olahraga Indonesia

Kompas.com - 11/10/2019, 15:30 WIB
Souvenir Asian Games 2018 Kompas.com/Nur Rohmi AidaSouvenir Asian Games 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan pelaksanaan Asian Games 2018 harus menjadi momentum kejayaan olahraga Indonesia.

"Asian Games 2018 momentum awal dari kejayaan olahraga Indonesia," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro sebagaimana warta laman antaranews.com, hari ini.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tepat Setahun Momen Pembukaan Asian Games 2018

Bambang mengatakan pandangannya itu dalam Seminar Refleksi 1 Tahu Asian Games 2018 dan Rencana Peningkatan Prestasi Olahraga Indonesia.

Tim sepak takraw putra Indonesia berpose memperlihatkan medali emas seusai pertandingan final quadrant putra Asian Games 2018 di GOR Ranau, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sabtu (1/9/2018). Sejarah baru diukir tim sepak takraw Indonesia dengan meraih emas Asian Games 2018 di nomor quadrant putra, sekaligus menjadi prestasi terbaik pada cabang sepak takraw sejak pertama kali dilombakan di Asian Games 1990.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Tim sepak takraw putra Indonesia berpose memperlihatkan medali emas seusai pertandingan final quadrant putra Asian Games 2018 di GOR Ranau, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sabtu (1/9/2018). Sejarah baru diukir tim sepak takraw Indonesia dengan meraih emas Asian Games 2018 di nomor quadrant putra, sekaligus menjadi prestasi terbaik pada cabang sepak takraw sejak pertama kali dilombakan di Asian Games 1990.

Ada tiga hal yang menjadi catatan sukses Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games XXVIII di Jakarta dan Palembang.

"Penyelenggaraan, prestasi, dan ekonomi sukses," kata Bambang.

Lalu Muhammad Zohri saat berlaga di ajang Asian Games 2018 laluANTARA Lalu Muhammad Zohri saat berlaga di ajang Asian Games 2018 lalu

Pada Asian Games 2018, terselenggara pertandingan di 40 cabang dengan 465 nomor pertandingan dan keikutsertaan 11.720 atlet.

Angka ini naik 20 persen dibandingkan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Ada 1,7 juta wisatawan domestik yang berhasil dibidik.

stadion Akuatik Gelora Bung Karno,  Tanah Abang,  Jakarta Pusat.  Kompas.com/RIMA WAHYUNINGRUM stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Lantas, ada juga 78.000 wisatawan asing.

Indonesia menorehkan sejarah baru dengan menempati posisi keempat perolehan medali.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X