Formula 1 GP Jepang Terancam Batal karena Topan Hagibis

Kompas.com - 10/10/2019, 21:54 WIB
Formula 1 akan menggelar balapan di Sirkuit Suzuka pada hari Minggu (13/10/2019) twitterFormula 1 akan menggelar balapan di Sirkuit Suzuka pada hari Minggu (13/10/2019)

KOMPAS.com – Operator Formula 1 (F1) tengah memantau kondisi sirkuit Suzuka terkait ancaman Topan Hagibis pada gelaran balap jet darat nanti.

F1 mengaku sudah berkoordinasi dengan badan cuaca setempat untuk memonitor secara intensif potensi timbulnya Topan Hagibis hingga akhir pekan nanti.

Memang, seri balap F1 2019 di Sirkuit Suzuka pada 11-13 Oktober mendatang tengah dihantui badai Topan Hagibis.

Dilansir dari laman resmi F1, Kamis (10/10/2019), Topan Hagibis tengah bergerak menuju pesisir Jepang dan diprediksi akan tiba di sana pada Sabtu ini.

Baca juga: Mantan Juara Dunia Ungkap Alasan Penonton Formula 1 Makin Merosot

Pada hari yang sama, sesi latihan terakhir dan kualifikasi GP Jepang 2019 dijadwalkan akan berlangsung.

Sejauh ini, pihak F1 memang belum mengambil keputusan apa-apa, tetapi mereka menegaskan bakal terus memantau perkembangan cuaca terkini.

"FIA, Formula 1, Sirkuit Suzuka, dan Federasi Otomobil Jepang secara dekat terus memonitor Topan Hagibis dan potensi dampaknya terhadap GP Jepang 2019," tulis pernyataan resmi F1 yang dilansir dari lama resmi.

"Setiap upaya tengah dilakukan demi meminimalkan gangguan terhadap jadwal F1,” sambungnya.

Baca juga: Usai MotoGP, Indonesia Jajaki jadi Tuan Rumah Balap Formula 1

Meski demikian, otoritas F1 bakal menerapkan kebijakan preventif jika terjadi potensi badai meski kemungkinan dalam skala kecil.

Hal ini untuk menghindari risiko lebih lanjut andai Topan Hagibis secara tiba-tiba mengganggu jalannya balapan dan dapat mengakibatkan ancaman kepada seluruh pihak.

“Bagaimanapun, keamanan para fans, kompetitor, dan semua yang ada di Sirkuit Suzuka tetap menjadi prioritas utama kami," tulis otoritas F1.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Formula 1
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X