Imbas Kicauan Petinggi Rockets, Beberapa Acara NBA di China Dibatalkan

Kompas.com - 10/10/2019, 09:32 WIB
James Harden (tengah) saat tampil pada laga Golden State Warriors vs Houston Rockets yang merupakan partai keempat semifinal Wilayah Barat playoffs NBA 2019, di Toyota Center, 4 Mei 2019. AFP/TIM WARNERJames Harden (tengah) saat tampil pada laga Golden State Warriors vs Houston Rockets yang merupakan partai keempat semifinal Wilayah Barat playoffs NBA 2019, di Toyota Center, 4 Mei 2019.
|

KOMPAS.com - Akibat kicauan General Manager Houston Rockets, Daryl Morey, soal aksi demonstrasi Hong Kong, beberapa event NBA di China dibatalkan.

Morey pekan lalu berkicau perihal dukungannya kepada warga Hong Kong yang dalam beberapa bulan terakhir melakukan aksi unjuk rasa terkait dengan Pemerintah China.

Meskipun telah dihapus, kicauan tersebut telanjur mendapat respons negatif dari negara asal pebasket Yao Ming tersebut.

Baca juga: Mantan Pebasket NBA Tewas Tertembak di Dallas

Pada Selasa (8/10/2019), acara amal NBA yang melibatkan Brooklyn Nets di pusat pendidikan di Shanghai dibatalkan oleh Pemerintah China.

Acara jumpa fans sebelum laga pramusim antara La Lakers dengan Brooklyn Nets pada Rabu (9/10/2019) juga dibatalkan.

"Mengingat kelancaran situasinya, ketersediaan media hari ini telah ditunda," demikian pernyataan NBA, seperti dikutip dari ESPN.

Baca juga: 5 Pemain NBA Terhebat Dekade Ini, Tak Satu Pun Masuk Timnas Basket AS

Terkait hal tersebut, Komisaris NBA, Adam Silver, menyesalkan kicauan Morey, tetapi ia tidak melarang Morey untuk mengekspresikan pendapatnya.

"Liga minta maaf atas hasil dan reaksi yang mengikuti tweet Morey, tetapi kami tidak meminta maaf karena Daryl menggunakan kebebasan berekspresi," demikian pernyataan Silver. 

Pernyataan Silver itu justru dikecam oleh stasiun televisi China, CCTV.

Lebih lanjut, pihak CCTV juga tidak akan menyiarkan laga pramusim La Lakers vs Brooklyn Nets yang rencananya akan dimainkan hari ini, Kamis (10/10/2019) waktu setempat.

Baca juga: Spanyol Juara Dunia Basket, Marc Gasol Cetak Rekor Langka di NBA

Selain itu, CCTV akan meninjau ulang terkait kerja sama dengan pihak liga bola basket asal Amerika Serikat tersebut.

"Kami sangat tidak puas dan menentang klaim Adam Silver untuk mendukung hak Morey atas kebebasan berekspresi," demikian pernyataan CCTV.

"Kami percaya bahwa setiap pernyataan yang menantang kedaulatan nasional dan stabilitas sosial tidak berada dalam ruang lingkup kebebasan berbicara," lanjut pernyataan tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ESPN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X