Torehan Piala Suhandinata, Hasil dari Penyelenggaraan Superliga Junior

Kompas.com - 09/10/2019, 19:00 WIB
Tim putra PB Djarum Kudus U-17 berhasil menjadi juara pada Blibli.com Superliga Junior 2017 yang diselenggarakan di GOR Djarum, Magelang, Sabtu (9/12/2017) malam. BolaSport.com/Gonang SusatyoTim putra PB Djarum Kudus U-17 berhasil menjadi juara pada Blibli.com Superliga Junior 2017 yang diselenggarakan di GOR Djarum, Magelang, Sabtu (9/12/2017) malam.

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, tim bulu tangkis beregu campuran junior Indonesia memenangi BWF World Junior Mixed Team Championship 2019 atau dikenal pula dengan sebutan Piala Suhandinata.

Bagi Indonesia, prestasi itu merupakan torehan bersejarah karena baru kali pertama didapatkan sejak turnamen tersebut diselenggarakan pada 2000.

Tim beregu campuran junior Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan China pada laga final dengan skor keseluruhan 3-1.

Baca juga: Jerman Vs Argentina, Menantikan Duet Lautaro Martinez-Paulo Dybala

Menurut Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, keberhasilan mereka meraih Piala Suhandinata tak terlepas dari adanya turnamen beregu seperti Superliga Junior.

Beberapa pemain tim beregu campuran junior Indonesia, kata Budiharto, sebagiannya merupakan peserta Superliga Junior 2018.

Mereka di antaranya adalah Daniel Marthin, Leo Rolly Carnando, Febriana Dwipuji, dan Putri Kusuma Wardani.

"Kalau kita lihat, komposisi pemain tim Indonesia kemarin itu sebagiannya mengikuti Superliga Junior tahun lalu," ujar Budiharto saat ditemui di Jakarta, pada Rabu (9/10/2019).

"Ini membuktikan bahwa ajang seperti Superliga Junior itu memberikan kontribusi positif dalam pertandingan beregu," tutur dia.

Secara beban mentalitas, bermain beregu memang dinilai lebih berat ketimbang bertanding perorangan.

Adanya Superliga Junior pun diyakini bisa melatih para pemain muda Tanah Air untuk lebih siap menghadapinya.

Baca juga: Messi Pernah Memprediksi Neymar Bakal Bergabung dengan Real Madrid

Tahun ini, Superliga Junior akan kembali diselenggarakan di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, seperti halnya penyelenggaraan edisi sebelumnya.

Tercatat ada 13 klub dari 6 negara yang akan berpatisipasi, di antaranya PB Jaya Raya, PB Djarum, PB Exist, Granular (Thailand), dan Kumamoto (Jepang).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X