Berolahraga di Jakarta, Pilih di Outdoor atau Indoor?

Kompas.com - 09/10/2019, 18:35 WIB
ilustrasi lari shutterstockilustrasi lari

JAKARTA, KOMPAS.com - Kensuke Miyaji mengernyitkan dahi tatkala ditanya apakah saat ini senang berolahraga di tempat terbuka di Jakarta.

"Wah sulit ya sekarang," kata Kensuke menjawab pertanyaan Kompas.com di sela-sela pameran Refrigeration & HVAC (Heating, Ventilation & Air Conditioning) 2019 pada Rabu (9/10/2019) di JIExpo Kemayoran.

Meski sejatinya, Kensuke mengaku lebih sering berolahraga outdoor alias di ruang terbuka, pria asal Kyoto, Jepang, ini, mulai khawatir dengan kualitas udara Jakarta.

Pelari Amerika, Gabriele Grunewald, saat menyentuh garis finis di lomba lari wanita 1500 meter di Track and Field Outdoor Championship, Hornet Stadium, Sacramento, California, 22 Juni 2017. Grunewald meninggal dunia pada Kamis 12 Juni 2019 setelah 10 tahun berjuang melawan kanker. Patrick Smith/Getty Images/AFP Pelari Amerika, Gabriele Grunewald, saat menyentuh garis finis di lomba lari wanita 1500 meter di Track and Field Outdoor Championship, Hornet Stadium, Sacramento, California, 22 Juni 2017. Grunewald meninggal dunia pada Kamis 12 Juni 2019 setelah 10 tahun berjuang melawan kanker.

Partikel debu

Foto ilustrasi berlatih menggunakan sepeda statis yang sudah dilengkapi dengan teknologi digital. Kompas.com/Josephus Primus Foto ilustrasi berlatih menggunakan sepeda statis yang sudah dilengkapi dengan teknologi digital.

Kensuke membeberkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dilihatnya dari laman lembaga itu pada sekitar pukul 12.00.

"Angkanya mencapai 160. Itu berarti polusinya berbahaya," kata Kensuke.

Lebih lanjut, Kensuke yang juga menjabat sebagai Sales & Marketing Director PT Panasonic Global Indonesia (PGI) membandingkan dengan kondisi di ibu kota Jepang.

"Di Tokyo, angkanya 12," tutur pria yang menamatkan studinya di Universitas Hokkaido ini.

Sales & Marketing Director PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Kensuke Miyaji. Foto diambil pada Selasa (20/8/2019) di JakartaKompas.com/Josephus Primus Sales & Marketing Director PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Kensuke Miyaji. Foto diambil pada Selasa (20/8/2019) di Jakarta

Ikhwal pencemaran udara di Jakarta, juga menjadi catatan pada laman asumsi.com .

Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) menetapkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X