Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Tunggal Putra Junior Indonesia Petik Pelajaran

Kompas.com - 07/10/2019, 20:29 WIB
Nugyasa Laksamana,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laga final Kejuaraan Dunia Beregu Campuran Junior atau Piala Suhandinata 2019, menjadi pelajaran berharga bagi pemain tunggal putra Indonesia, Bobby Setiabudi.

Turun pada partai penentuan saat Indonesia unggul 2-0 atas China, Bobby gagal menyumbang angka meskipun sudah dalam kedudukan match point 20-16.

Baca juga: Valentino Rossi Sesalkan Masalah Ban pada GP Thailand

Kala itu, Bobby akhirnya kalah dari Liu Liang dengan skor 17-21, 21-17, 20-22.

Dituturkan Bobby, ia banyak belajar dan introspeksi dari pertandingan tersebut dan kini sedang fokus ke pertandingan perorangan.

"Memang pengalaman yang bagus buat saya, enggak boleh lengah. Memang rasanya menyesal sekali, karena sudah dua kali kejadian begini, waktu di AJC (Asia Junior Championships 2019) juga begitu," ujar Bobby.

"Saya turun pada partai penentuan, tetapi kalah. Seharusnya (Indonesia) juara, malah tambah partai lagi. Waktu itu sudah 18-18, langsung blank dan kalah."

Tim beregu campuran Indonesia akhirnya bisa juara berkat kemenangan pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Putri Syaikah.

Indonesia dinyatakan juara Piala Suhandinata untuk kali pertama dalam sejarah dengan kemenangan 3-1 atas China pada babak final.

"Akhirnya bisa juara, rasanya agak sedikit lega. Saya enggak down dan memang seharusnya enggak boleh down, kan masih ada pertandingan perorangan."

"Tim menyemangati saya dan mengatakan untuk fight lagi, kan kami sudah ada modal jadi juara beregu, seharusnya lebih semangat di perorangan," tutur Bobby.

Baca juga: 100 Gol Messi untuk Barcelona Dicetak dari Luar Kotak Penalti

Dalam laga pertama nomor perorangan World Junior Championships 2019, Bobby memetik kemenangan mudah atas Teiva Politi (Tahiti), dengan skor 21-4, 21-4.

"Hari ini lawan memang belum terlalu berat, tadi mau coba lapangan, tetapi lawannya masih banyak melakukan kesalahan sendiri," ujar Bobby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com