Marc Marquez Juara Dunia MotoGP, Ini Catatannya di Musim 2019

Kompas.com - 06/10/2019, 14:49 WIB
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez. AFP/JOSE JORDANPebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez.
|

KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil menyegel gelar juara dunia MotoGP 2019.

Marc Marquez sukses memastikan gelar tersebut setelah menjuarai MotoGP Thailand yang berlangsung di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Minggu (6/10/2019).

Adapun posisi kedua pada MotoGP Thailand ditempati oleh Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), yang bersaing ketat dengan Marquez saat balapan di Buriram.

Baca juga: Hasil MotoGP Thailand - Marc Marquez Resmi Jadi Juara Dunia 2019

Finis di posisi pertama, artinya Marquez mendapat tambahan 25 poin sehingga totalnya menjadi 325.

Perolehan poin itu tak mungkin dapat dikejar oleh pebalap lainnya, meski balapan MotoGP menyisakan empat seri lagi.

Pesaing terdekat Marquez pada musim ini, Andrea Dovizioso (Ducati), hanya finis di urutan keempat pada balapan Thailand. Total poinnya saat ini adalah 215.

Seandainya bisa menjuarai empat seri tersisa pun, poin maksimal yang akan diraih Dovizioso adalah 315, tetap kalah dari Marquez (325).

Baca juga: (Video) Kemiripan Marquez, Rossi, dan Quartararo Jatuh di Tikungan 5

Bagi Marquez, ini menjadi gelar juara dunia MotoGP ke-6 sepanjang kariernya, sekaligus gelar juara dunia ke-8 dari semua kelas (termasuk 125cc dan Moto2).

Sebelumnya, Marquez menjadi juara dunia MotoGP pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, dan 2018.

Pada musim MotoGP 2019 ini, The Baby Alien, julukan Marquez, secara kesuluruhan telah meraih 14 podium, dengan catatan juara 9 kali, runner-up 5 kali.

Satu-satunya pebalap asal Spanyol itu gagal naik podium ialah saat MotoGP Amerika. Ketika itu, Marquez hanya finis di urutan kelima.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X