Robert Alberts Bicara soal Piala Indonesia dan Jadwal Kompetisi yang Kerap Bentrok dengan Agenda FIFA

Kompas.com - 29/09/2019, 18:21 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPelatih Persib, Robert Rene Alberts.

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap PSSI lebih konsisten dalam penyelenggaraan Piala Indonesia.

Penyelenggaraan Piala Indonesia memang mengalami pasang-surut. Digelar untuk kali pertama pada tahun 2005, Piala Indonesia yang sebelumnya bertajuk Copa Indonesia sempat terhenti pada 2011 dan kembali digelar semusim kemudian.

Akan tetapi, tahun 2012 menjadi penyelenggaraan terakhir Copa Indonesia. Setelahnya, turnamen domestik itu mengalami hiatus dari 2013 sampai 2017, sebelum akhirnya kembali digelar pada 2018 dengan tajuk Piala Indonesia.

Baca juga: Fabiano Beltrame Menghilang dari Persib, Robert Albert Beri Penjelasan

Turnamen tersebut digelar dari 8 Mei 2018 dan berakhir pada 6 Agustus 2019. PSM Makassar menjadi kampiun setelah mengalahkan Persija Jakarta pada partai puncak.

Akan tetapi, sampai dengan saat ini belum ada kejelasan lebih lanjut dari PSSI soal penyelenggaraan Piala Indonesia 2019.

Robert cukup menyayangkan hal tersebut, apalagi bila sampai Piala Indonesia 2019 tak digelar. Menurut Robert, Piala Indonesia menjadi ajang yang sangat positif untuk meningkatkan gairah persepakbolaan Indonesia.

Sebab, pada turnamen tersebut tidak ada jarak atau sekat bagi tim dari strata tertinggi dengan terendah. Semua tim berkesempatan untuk bertemu dalam pertandingan.

Bagi kesebelasan yang berasal dari strata tertinggi, ajang tersebut bisa dimaksimalkan sebagai ajang untuk memberi kesempatan tampil bagi pemain yang jarang mendapatkan menit bermain, terlebih pemain muda.  

"Di negara lain, mereka memainkan turnamen domestik dan bahkan di beberapa negara lebih dari satu turnamen, bisa dua sampai tiga," kata Robert.  

"Sebab, hal itu sangat menyehatkan bagi sepak bola di suatu negara karena bisa memberi kesempatan main bagi semua pemain," sambung dia.

Baca juga: Laga Lawan Arema FC Ditunda, Persib Fokus Hadapi Madura United

Pelatih asal Belanda itu mengaku sangat menantikan diselenggarakannya Piala Indonesia 2019. Khusus bagi Persib, turnamen tersebut bisa dijadikan sebagai ajang unjuk gigi para pemain muda Persib yang jarang mendapatkan menit bermain.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X