UEFA Luncurkan Kompetisi Kasta Ketiga Eropa

Kompas.com - 25/09/2019, 18:59 WIB
Logo UEFA. Dok. UEFALogo UEFA.
|

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Eropa ( UEFA), resmi meluncurkan kompetisi antarklub kasta ketiga bernama UEFA Europa Conference League.

Wacana pembuatan kompetisi di bawah Liga Champions dan Liga Europa itu sebenarnya sudah digodok sejak 2015, tetapi UEFA baru meresmikannya pada pertemuan yang dilangsungkan di Slovenia, Selasa (24/9/2019) waktu setempat.

Kompetisi tersebut dijadwalkan bakal bergulir mulai musim 2021-2022.

Baca juga: Final Liga Champions 2021 Akan Digelar di St Petersburg

Lahirnya UEFA Europa Conference League menjadi kesempatan tersendiri bagi klub-klub Eropa yang belum pernah merasakan persaingan di kompetisi Benua Biru macam Liga Champions maupun Liga Europa.

"Nama kompetisi ketiga buatan UEFA tersebut adalah UEFA Europa Conference League," demikian pernyataan resmi UEFA.

"Kompetisi baru ini akan dimulai pada 2021 dan bertujuan memberikan kesempatan yang lebih luas buat klub-klub di berbagai negara untuk bertarung di kompetisi Eropa," demikian pernyataan resmi UEFA," kata pernyataan tersebut.

Baca juga: Turnamen Baru Muncul, Jumlah Peserta Liga Europa Berkurang

Format kompetisi UEFA Europa Conference League sendiri mirip dengan Liga Champions, yang diikuti 32 klub dengan sistem penyisihan grup.

Klub yang lolos ke fase gugur (babak 16 besar) adalah yang berstatus sebagai juara grup.

Adapun runner-up grup akan ditandingkan dengan klub peringkat ketiga fase grup Liga Europa 2021-2022 untuk bersaing mendapatkan tiket tersisa.

Klub yang keluar sebagai juara UEFA Europa Conference League pada akhir kompetisi berhak mengikuti Liga Europa pada musim berikutnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X