Timnas Kalah Beruntun, Peringkat FIFA Indonesia Diprediksi Merosot

Kompas.com - 13/09/2019, 11:40 WIB
Logo FIFA di markas induk organisasi sepak bola dunia di Swiss. Foto diambil pada 10 Januari 2017. AFP/MICHAEL BUHOLZERLogo FIFA di markas induk organisasi sepak bola dunia di Swiss. Foto diambil pada 10 Januari 2017.
|

KOMPAS.com – Peringkat timnas Indonesia dalam catatan FIFA diprediksi bakal merosot menyusul dua kekalahan beruntun dari Malaysia dan Thailand.

Ranking FIFA bulan ini rencananya akan dirilis pada Kamis (19/9/2019) melalui laman resmi federasi sepak bola dunia itu.

Dua kekalahan beruntun timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tercatat dalam agenda resmi FIFA.

Agenda Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dapat berdampak pada penurunan posisi timnas hingga 8 peringkat karena memiliki bobot nilai 2,5.

Baca juga: Langgar Kode FIFA Saat Vs Malaysia, Ini Ancaman Sanksi yang Bayangi Indonesia

Dilansir dari akun Twitter Footyrankings, Rabu (11/9/2019), mereka lantas membuat prediksi perubahan ranking FIFA berdasarkan hasil dua pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Penilaian ranking FIFA ini didasarkan pada hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang telah diselenggarakan oleh enam konfederasi sepak bola dunia.

Kekalahan dari Malaysia diprediksi membuat Indonesia turun lima peringkat dalam ranking FIFA.

Baca juga: Indonesia Vs Malaysia Ricuh, PSSI Siap Terima Sanksi dari FIFA

Sebaliknya, bagi tim negeri jiran, kemenangan atas Indonesia bisa menyelamatkan mereka dari penurunan ranking meski di laga kedua takluk dari Uni Emirat Arab.

Adapun kekalahan dari Thailand membuat Alberto Goncalves dkk harus puas turun tiga peringkat setelah kalah dari skuad besutan Akira Nishino itu.

Pada ranking FIFA terakhir yang dirilis Juli lalu, Indonesia menduduki posisi ke-160 dunia.

Posisi Indonesia diprediksi akan berubah menjadi peringkat ke-168 akibat dua hasil buruk yang diraih di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tim Merah Putih kian mendekati catatan ranking FIFA terburuk milik sendiri pada 2015, yakni posisi ke-179.

Kala itu Indonesia harus mendapat peringkat terburuk sepanjang sejarah karena mendapat sanksi dari FIFA. (Taufan Bara Mukti)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X