Kritik Keras Charis Yulianto untuk Timnas Indonesia

Kompas.com - 11/09/2019, 18:41 WIB
Mantan pemain Timnas Indonesia yang bergabung dengan Borneo FC di Liga 1 2019, Charis Yulianto. Media Officer Borneo FCMantan pemain Timnas Indonesia yang bergabung dengan Borneo FC di Liga 1 2019, Charis Yulianto.

BATU, KOMPAS.com - Dua kekalahan beruntun diraih oleh Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hasil buruk ini membuat banyak kritik diarahkan kepada skuad arahan Simon McMenemy. Salah satunya datang dari Charis Yulianto.

Mantan kapten Timnas Indonesia itu merasa kaget melihat permainan Timnas. Menurutnya, performa yang ditampilkan oleh Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan tidak menampakkan wajah Timnas sebenarnya.

Baca juga: Irfan Bachdim Sebut Pemain Timnas Indonesia Sudah Lakukan yang Terbaik

"Terlepas dari hasil pertandingan, secara permainan saya cukup kaget apa yang ditampilkan pemain kita," ujar Charis kepada Kompas.com.

"Tidak seharusnya permainan Timnas seperti itu. Artinya secara organisasi permainan pada saat bertahan, menyerang maupun transisi tidak terlihat sama sekali," sambung pria berusia 41 tahun tersebut.

Timnas Indonesia mengawali kualifikasi itu dengan kekalahan 2-3 dari Malaysia pada laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Skuat Garud kembali kalah ketika berjumpa Thailand di tempat yang sama. Kali ini dengan skor yang lebih telak yakni 0-3.

Dua kekalahan tersebut membuat Timnas kini berada di dasar klasemen Grup G dan belum mendapat poin.

Baca juga: Stamina Timnas Indonesia Kedodoran, Salah Siapa?

"Meskipun kalah setidaknya Timnas bisa mengimbangi permainan Thailand. Meskipun kalah dari taktik atau strategi, namun kemauan, semangat dan kerja keras para pemain tidak terlihat dalam pertandingan itu," ucap pria yang kini menjadi asisten pelatih Borneo FC.

Meskipun begitu, Charis meminta agar para pemain Timnas tidak patah arang.

Walaupun mereka kini menjadi sasaran hujatan suporter melalui media sosial, Charis ingin pemain menyikapi itu sebagai sebuah tantangan.

"Saya berharap para pemain Timnas sekarang tetap berpikir positif aja. Komentar jelek-jelek abaikan saja," tutup Charis.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X