Evaluasi Fakhri Husaini: Lebih Bagus Pecah Kepala Dibanding Kemasukan

Kompas.com - 08/09/2019, 17:33 WIB
Fakhri Husaini saat memimpin seleksi Tim Nasional Indonesia U-19 di Stadion WIbawa Mukti, Bekasi, Kamis (25/4/2019) PSSIFakhri Husaini saat memimpin seleksi Tim Nasional Indonesia U-19 di Stadion WIbawa Mukti, Bekasi, Kamis (25/4/2019)

KOMPAS.com - Laga persahabatan antara Timnas U-19 Indonesia melawan Iran, Sabtu (7/8/2019), membuat pelatih Garuda Muda, Fakhri Husaini, memiliki banyak evaluasi.

Pelatih asal Aceh tersebut memiliki catatan tersendiri soal permainan anak asuhnya.

Fakhri menilai performa Beckham Putra dkk tidak mengecewakan, tetapi harus diimbangi dengan kewaspadaan dalam mengantisipasi bola mati atau set piece.

"Pemain bermain baik dalam open play, tetapi mereka harus lebih bisa mengantisipasi postur tinggi pemain lawan. Pada babak kedua, pemain saya sudah bisa memberikan gangguan ke lawan," ujar Fakhri dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca juga: Komentari Kekalahan Timnas U-19, Fakhri Husaini Sebut Bukan Hasil yang Dicari

Sejauh Fakhri menangani timnas U-15 hingga saat ini bersama U-19, dirinya meyakini bahwa mengantisipasi pergerakan pemain dan bola saat set piece menjadi permasalahan klasik.

"Set piece ini bukan hanya masalah taktik dan teknik, tetapi berani berduel. Lebih bagus pecah kepala dibanding kemasukan," ungkap pelatih berusia 54 tahun tersebut.

"Ini saya melihat gol yang terjadi terlalu mudah. Dalam latihan kami sudah melatih berkali-kali dan yang terpenting adalah nyali pemain itu sendiri," tambahnya.

Laga dengan Iran ini akan diadakan dua kali. Stadion Mandala Krida menjadi tempat kedua uji tanding pada Rabu (11/9/2019).

Baca juga: Timnas U-19 Dikalahkan Iran, Fakhri Husaini Tak Kecewa

Uji coba ini sebagai persiapan Timnas U-18 Indonesia menuju kualifikasi Piala Asia U-19, November mendatang.

Di sisi lain, Fakhri menegaskan bahwa hasil akhir bukan hal yang dicari dalam uji coba tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PSSI
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X